5 Ide Freelance Pemula! Dapatkan Rp100 Juta Pertamamu

Kamis, 22 Februari 2024, 15:25 WIB | Gaya Hidup | Nasional
5 Ide Freelance Pemula! Dapatkan Rp100 Juta Pertamamu
Ilustrasi kumpulan ide freelance untuk pemula. (Foto: Canva/Pinterest)

Keuntungan dari bekerja paruh waktu ini adalah Anda tidak hanya mendapatkan gaji, tetapi juga dapat belajar bagaimana cara bekerja di dunia profesional, bekerja dalam tim, serta memahami sistem perusahaan.

Jadi, jika ingin menjadi pengusaha, setidaknya kamu sudah memiliki pengalaman terlebih dahulu.

Contohnya, jika kamu menjadi kasir, kamu dapat mempelajari bagaimana sistem bisnis bekerja, dari proses pembelian hingga penyelesaian transaksi dengan pelanggan.

Baca juga: Kerja dari Rumah, Kamu Wajib Coba Ide Freelance Ini!

Pengalaman ini penting karena kamu dapat memahami bagaimana alur keuangan dan operasional suatu perusahaan.

Selain itu, kamu juga belajar berinteraksi dengan rekan kerja. Perlu diingat, saat SMA atau kuliah, kamu berteman dengan rekan-rekan yang memiliki tujuan yang sama, yakni menyelesaikan pendidikan.

Namun, ketika bekerja, kamu akan berinteraksi dengan rekan kerja atau pelanggan yang memiliki latar belakang dan tujuan yang berbeda.

Oleh karena itu, belajar berinteraksi dengan pelanggan sangat penting karena di dunia bisnis, kamu akan terus berhadapan dengan berbagai macam tipe orang.

Kamu juga akan memperoleh keahlian lain seperti berbicara dengan pelanggan, yang sangat berguna ketika berada di dunia kerja, terutama saat melamar pekerjaan.

Sebagai contoh pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu lakukan adalah menjadi barista, freelancer kasir, video editor, guru les privat, atau bahkan magang di sebuah perusahaan.

Tidak masalah jika kamu hanya menjadi tukang fotokopi, karena Anda akan melihat secara langsung bagaimana orang lain bekerja. Kamu dapat mencari pekerjaan paruh waktu ini melalui portal lowongan kerja yang banyak tersedia.

Halaman:

Penulis: Rumpun2
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: