Langkah Perencanaan Karir Masa Depan, Begini Cara Tentukan Tujuan Hidup

Jumat, 02 Februari 2024, 15:01 WIB | Gaya Hidup | Nasional
Langkah Perencanaan Karir Masa Depan, Begini Cara Tentukan Tujuan Hidup
Ilustrasi Penentuan Karir Masa Depan dalam Hidup (foto: Pexels/Kripesh adwani)

Cara Tentukan Tujuan Hidup

Youtuber Satu Persen menyebut bahwa ada beberapa faktor seseorang bingung dengan kemauannya sendiri hingga tidak bisa menentukan tujuan hidup, pertama seperti kasus di atas yaitu omnongan orang yang seolah membenarkan.

Kedua sebab kamu yang tidak meyakini bahwa ternyata ada opsi lain dalam menjalani hidup, misalnya ternyata bahwa kehidupan orang-orang yang bukan dokter pun tetap bahagia meski nilai sekolah dan IPK kuliahnya tidak tinggi.

Ketiga yaitu kamu tidak tahu dan atau tidak berani dalam mengambil keputusan dalam hidup, membuka opsi lain yang mungkin terbuka bahwa merasa pencapaian karirmu akan berakhir jika tak menjalani hidup saat ini. Rasanya hampa, kan?

Melansir sebuah cerita pada Buku Pembelajaran Bahasa Jerman Ubungsbuch A2 bahwa di negara tersebut, terdapat opsi buat berpindah karir yang meski gajinya tidak sebanyak yang pertama. Tapi, mereka menjalani hidup penuh kepuasan dan bahagia.

Lantas, bagaimana kah langkah perencanaan karir masa depanmu agar dapat menentukan tujuan hidup? Apa yang bisa kamu lakukan agar memiliki makna dalam menjalani kehidupan, sehingga tidak bingung lagi terkait kemauan diri sendiri nantinya?

Yang Harus Kamu Lakukan?

Istilah Youtuber Satu Persen jika kamu stuck pada hal itu-itu saja akan membentuk proses memenjarakan pikiran, karena menjalani pilihan sebab tidak ada opsi lainnya. Padahal kan, opsi lain itu selalu ada. Apakah kamu mau mengambil opsi itu?

Coba deh jangan cemas dengan keberadaan opsi lain, mari coba penasaran dan eksplore semua hal baru. Mulai aktif, terbuka serta temukan passion baru dari segala kemungkinan. Tapi, apakah opsi lain cocok buatmu?

Untuk mewujudkan keberadaan opsi lain dalam hidup, kamu harus mengenali diri sendiri terkait apa yang kamu cari dalam hidup. Maunya apa? Sukanya apa? Karena cuma kita yang tahu apakah sesuatu itu memang cocok buat kita, toh yang jalanin kita.

Caranya dengan menilik lagi tujuan hidupmu apa, lalu temukan opsi lain dan bandingkan dengan opsi yang sudah kamu jalani selama ini. Apakah fit? Salah satu saran bagimu yaitu meminta petunjuk pada yang maha kuasa, maka berdoa lah.

Sehingga, kamu tidak hanya menjalani hidup sesuai standar orang lain saja yang terkadang belum tentu baik hingga menimbulkan kebingungan sebab perencanaan masa depan tidak jelas. Sekarang, yuk cari opsi lain supaya kamu lebih bermakna jalani hidup.

Tidak ada salahnya jika ingin rehat dari karir sekarang, lalu menemukan tujuan hidup lain dan membuat kamu lebih bahagia menjalaninya. Sehingga, perencanaan karirmu akan semakin jelas. Demikian rangkuman Valora News pada artikel ini, semoga bermanfaat. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: