Kini Berusia 12 Abad! Inilah 10 Kota Tertua di Indonesia dan Ada di Sumbar

Kamis, 25 Januari 2024, 16:00 WIB | Gaya Hidup | Provinsi Sumatera Barat
Kini Berusia 12 Abad! Inilah 10 Kota Tertua di Indonesia dan Ada di Sumbar
Ilustra Kota Padang. (Foto: website Pemko Padang)

Sekarang usia kota Padang sudah berusia 354 tahun.

2. Kota Tegal

Kota Tegal awalnya adalah sebuah desa bernama tet gual yang pada tahun 1530 telah memperlihatkan kemajuannya termasuk wilayah Kabupaten Pemalang yang mengakui trah Kerajaan Pajang.

Nama tet gual diberikan oleh seorang pedagang yang berasal dari Portugis yaitu Tome Pires yang singgah di pelabuhan Tegal pada tahun 1500-an dan kota Tegal mempunyai pengertian Tanah Subur yang mampu menghasilkan tanaman pertanian.

Pembentukan kota Tegal tidak dapat dilepas dari seorang tokoh bernama Ki Gede Subayu namanya dikaitkan dengan terah Majapahit dikarenakan ayahnya bernama Ki Gede Tepus atau rumput atau kelak bernama Pangeran Onje merupakan keturunan dari Batara Katong Adipati Ponorogo yang masih memiliki keterkaitan dengan keturunan Majapahit.

Sekarang kota Tegal sudah berusia 443 tahun.

3. Kota Ambon

Sejarah Kota Ambon diawali ketika ada orang-orang Portugis datang mendirikan benteng di Pulau ini sebagai tempat beraktivitas dalam perdagangan dan penyebaran agama.

Pada saat itu orang-orang Portugis sedang berada dalam konflik politik dengan para penguasa Kesultanan Ternate dan umat Islam yang berada di pantai utara itu.

Orang Portugis pertama yang mendarat di Ambon adalah Francisco Seraro bersama 8 orang anak buahnya pada

tahun 1512.

Halaman:

Penulis: Rumpun4
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: