Agam jadi Percontohan Penggunaan Aplikasi Siskeudes, Pertama di Sumatera

Kamis, 23 November 2023, 10:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Agam jadi Percontohan Penggunaan Aplikasi Siskeudes, Pertama di Sumatera
Kepala Cabang Bank Nagari Lubuk Basung, Musa Adi Guna dan tim, saat Bimbingan Teknis penggunaan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) secara daring, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (22/11/2023) - Kepala Cabang Bank Nagari Lubuk Basung, Musa Adi Guna menilai, aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) akan membuat pengelolaan keuangan pemerintahan nagari jadi realtime dan online.

"Dengan pencatatan sistem perbankan, sehingga dia jadi lebih transparan dan akuntable. Hal ini tentunya juga sesuai dengan implementasi Smart City di Kabupaten Agam," ungkap Musa Adi Guna, Rabu.

Hal itu dikatakannya, saat membuka Bimbingan Teknis penggunaan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) secara daring bersama Bank Nagari, di Kantor Bank Nagari Cabang Lubuk Basung. Pelatihan ini diinisiasi Kementerian Dalam Negeri.

Hadir dalam pertemuan ini, tim Kementerian Dalam Negeri, Bank Nagari Kantor Pusat dan Cabang Lubuk Basung, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari Agam, Dinas Kominfo Agam dan Wali Nagari Lubuk Basung sebagai Desa/Nagari Piloting Siskeudes.

Baca juga: Gafnel Dt Basa Pimpin FKDT Agam, Ini Pesan Bupati

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Kabupaten Agam ditunjuk sebagai piloting penggunaan aplikasi Siskeudes yang pertama di Sumatera atau ketiga di Indonesia setelah Bali dan Jogja.

Dikatakan, fitur yang terdapat pada aplikasi Siskeudes dibuat sederhana, sehingga memudahkan pengguna mengoperasikan aplikasi Siskeudes.

"Terkait persiapan penggunaan Siskeudes link di Nagari Lubuk Basung, semua transaksi sudah melalui non tunai," tambahnya.

Dengan proses penginputan sesuai dengan transaksi yang ada, terang dia, tentunya menghasilkan output berupa dokumen penatausahaan dan laporan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. (*)

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: