BUPATI PESSEL Launching Inovasi Layanan Poskesri Rang Pasisie

Kamis, 26 Oktober 2023, 22:46 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
BUPATI PESSEL Launching Inovasi Layanan Poskesri Rang Pasisie
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, melauncing Inovasi Poskesri Prima, dan Inovasi Rang Pasisie ,di UPT Puskesmas Balai Salasa, Selasa 17 Oktober 2023. Foto: Dok Prokopim Setdakab Pessel

PESISIR SELATAN (26/10/2023) - Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar, melaunching Inovasi Poskesri Prima, dan Inovasi Rang Pasisie ,di UPT Puskesmas Balai Salasa, Kecamatan Ranah Pesisir, Selasa.

Turut hadir di acara tersebut; Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Kepala OPD, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Pessel Forkopimca, dan lainnya.

Rusma Yul Anwar mengatakan, Pemkab Pessel dalam Visinya yaitu Mewujudkan Pesisir Selatan lebih sejahtera, maju dan bermartabat didukung pemerintahan yang akuntabel dan Profesional.

Pemkab senantiasa berkomitmen, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang salah satunya adalah peningkatan akses pelayanan kehidupan masyarakat, dalam memenuhi kebutuhan dasar termasuk bidang kesehatan.

Baca juga: Di Pessel, Usia Harapan Hidup Masyarakat Capai 73,27 Persen

"Salah satu pilar utamanya adalah Transportasi sistem kesehatan, yang bertujuan untuk mendekatkan layanan Promotif Preventif berkualitas ke masyarakat," ucapnya, dalam relis diterima Kamis (26/10/2023).

Fokus pada siklus sebagai sasaran pelayanan kesehatan seperti Ibu hamil, pasca bersalin nifas, bayi dan balita, usia Produktif dan lansia.

Pessel memiliki 21 Puskesmas, 82 Unit Pustu dan 242 Unit Poskesri yang tersebar 182 Nagari (desa adat).

Puskesri akan dijadikan sebagai Poskesri Prima, ditambahkan inovasi Rang Pasisie (Rangkul dan Angkut Pasien-pasien Emergency).

Baca juga: KESEHATAN GIGI: Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan Gelar Penyuluhan ke Sekolah

"Bentuk inovasi yaitu dengan melakukan integrasi satu layanan kesehatan terpadu, dengan mendayagunakan potensi Poskesri sebagai Poskesri prima, yang memberikan pelayanan kesehatan dasar sesuai potensi nagari," ucap Rusma Yul Anwar.

Halaman:

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: