RDP dengan PLN, Nevi Zuairina: Segera Manfaatkan Potensi Energi Baru Terbarukan

Minggu, 24 September 2023, 21:30 WIB | News | Nasional
RDP dengan PLN, Nevi Zuairina: Segera Manfaatkan Potensi Energi Baru Terbarukan
Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina.

JAKARTA (24/9/2023) - Anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina menegaskan, elektrifikasi di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah upaya penting untuk menyediakan akses listrik yang luas dan terjangkau ke seluruh wilayah Indonesia.

"PLN perlu terus mengembangkan infrastruktur listrik di seluruh Indonesia, terutama di daerah-daerah yang belum teraliri listrik. Ini mencakup pembangunan pembangkit listrik, jaringan transmisi dan distribusi listrik," tutur Nevi pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama PT PLN, kemarin.

Dia meminta, perusahaan negara ini memperluas cakupan elektrifikasi seluruh kawasan NKRI. Hal ini ia sampaikan, mengingat perusahaan plat merah ini yang bertanggungjawab atas penyediaan listrik di Indonesia.

Legislator asal Sumatera Barat ini menyampaikan, PLN juga perlu mendorong penggunaan energi terbarukan seperti tenaga surya, tenaga angin dan biomassa, untuk memastikan sumber daya energi yang berkelanjutan dan mengurangi dampak lingkungan.

Baca juga: 10 Jurusan Paling Dicari di BUMN, Mau Kerja di PLN, Pertamina? Auto Diterima

Kreativitas pengembangan PLN, menurut Nevi, akan mampu memberikan program sosial yang bertujuan memberikan akses listrik kepada masyarakat yang kurang mampu, seperti Program Listrik Terang (PLN LKU) untuk masyarakat miskin.

"Negara-negara di dunia, mesti mampu melakukan efisiensi energi. Memperbaiki efisiensi dalam penyediaan listrik dan mengurangi kehilangan energi dalam proses distribusi, mesti dapat dilakukan oleh PLN selain memaksimalkan pelayanan pada pelanggan," tegas Nevi.

Anggota Badan Anggaran ini juga meminta pemerintah, agar ada penerapan teknologi canggih pada sistem listrik nasional.

PLN mesti mampu mengadopsi teknologi terbaru dalam manajemen jaringan listrik, seperti jaringan listrik pintar (smart grid) untuk meningkatkan efisiensi dan ketahanan sistem.

Baca juga: PLN Pekanbaru Lakukan Pemeliharaan, Ini Area Terdampak Pemadaman hingga Pukul 16.00 WIB Ini

"PLN harus melakukan penelitian dan pengembangan dalam bidang energi dan teknologi listrik untuk terus meningkatkan kualitas dan keandalan layanan listrik."

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: