Bupati Siak Bawa Rombongan ke Agam, Pelajari Pemekaran dan Pemilihan Kepala Desa secara e-Voting

Senin, 31 Juli 2023, 22:54 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Bupati Siak Bawa Rombongan ke Agam, Pelajari Pemekaran dan Pemilihan Kepala Desa secara...
Bupati Agam, Andri Warman paparkan tentang pemekaran nagari dan pemilihan e-voting pada rombongan Bupati Siak, Alfedri, di rumah dinas bupati Agam, Senin. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (31/7/2023) -- Pemekaran 10 desa (nagari) yang berhasil dituntaskan Pemkab Agam pada tahun 2023 ini, jadi perhatian Pemkab Siak, Riau.

Selain itu, pemilihan wali nagari (kepala desa-red) yang dilaksanakan secara elektronik (e-voting) juga jadi bahan studi tiru selama berkunjung ke Kabupaten Agam

"Kabupaten Siak ingin belajar ke Kabupaten Agam tentang kiat percepatan pemekaran. Selain itu, kami tertarik ingin melaksanakan pemilihan kepala kampung disebut penghulu, secara e-voting seperti di Agam," ungkap Bupati Siak, Alfedri yang memimpin rombongan.

Bersama Alfedri, ikut sekitar 20 orang anggota rombongan yang terdiri dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Camat, Sekretaris Camat dan Penghulu (Kepala Kampung-red).

Baca juga: Pusat Respon Pemekaran Desa di Mentawai

Dikatakan Alfedri, di Kabupaten Siak saat ini tengah dilakukan 5 kampung persiapan atau desa persiapan.

"Kini sedang berproses jadi kampung atau desa difinitif," ungkapnya.

Sementara, Bupati Agam, Andri Warman yang menyambut rombongan Bupati Siak di rumah dinas bupati, di Padang Baru, Lubuk Basung, mengungkapkan, Agam telah memekarkan 10 nagari (desa-red). Kemudian, juga telah dilakukan pemilihan wali nagari definitif secara elektronik.

"Sebanyak 13 nagari persiapan telah selesai legalisasi peta batas nagari oleh badan informasi geospasial (BIG)," ungkapnya.

"Kami senang, berbagi ilmu khususnya mengenai e-voting," tambah Andri Warman yang juga menjamu makan siang rombongan Bupati Siak. (*)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024