Meninggal Saat Ikuti MOS, Puan Maharani: Keamanan dan Keselamatan Jiwa Siswa Lebih Utama

Minggu, 30 Juli 2023, 09:00 WIB | News | Nasional
Meninggal Saat Ikuti MOS, Puan Maharani: Keamanan dan Keselamatan Jiwa Siswa Lebih Utama
Ketua DPR RI, Puan Maharani.

JAKARTA (30/7/2023) - Ketua DPR RI, Puan Maharani menekankan, keselamatan siswa harus menjadi prioritas bagi pihak sekolah selama kegiatan Masa Orientasi Sekolah (MOS) atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

"Kami menyesalkan adanya anak didik yang jadi korban dalam pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah di awal tahun ajaran baru ini. Harusnya peristiwa seperti itu bisa dihindari," kata Puan dalam pernyataan tertulis yang diterima, Ahad.

Peristiwa nahas yang menyebabkan seorang siswa meninggal dunia terjadi di Sukabumi, Jawa Barat. Seorang siswa SMPN 1 Ciambar, Sukabumi, Mandala Aditya Pratama (13), meninggal dunia akibat tenggelam di Sungai Cileuleuy, saat mengikuti MPLS yang dilakukan di luar sekolah.

Salah satu agenda rutin MPLS di sekolah itu adalah kegiatan lintas alam, di mana siswa baru SMPN 1 Ciambar diwajibkan untuk menyeberangi sungai dengan cara berenang.

Baca juga: Oknum Kader Sampaikan Mosi Tak Percaya, AMPG Bukittinggi: Tak Profesional dan Menyalahi AD ART

Puan mengatakan, pihak sekolah seharusnya mempertimbangkan dengan serius setiap agenda yang disusun dalam MPLS.

"Kegiatan yang berpotensi menimbulkan bahaya, seharusnya dihindari. Karena tidak semua anak bisa berenang. Keselamatan anak didik harus jadi prioritas," tegasnya.

"Atas nama DPR, saya sampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya ananda Mandala Aditya Pratama," ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

"Harus ada yang bertanggung jawab atas insiden ini. Perlu adanya tindakan tegas untuk mengidentifikasi pelanggaran protokol keselamatan yang terjadi selama kegiatan orientasi, serta menyelidiki peran para pengawas dan pengurus yang bertanggungjawab atas acara tersebut," imbuh Puan.

Baca juga: Oknum Kader Golkar Bukittinggi Gelar Mosi Tak Percaya, Hidayat: Itu Politicking dan Langgar Juknis Juklak Partai

Buntut kejadian tersebut, Kepala SMPN 1 Ciambar, ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian dengan tuduhan kelalaian yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: