TEKAN STUNTING: Pemkab Pessel Sosialisasikan Gemarikan

Rabu, 26 Juli 2023, 10:20 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
TEKAN STUNTING: Pemkab Pessel Sosialisasikan Gemarikan
Kantor Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar

PESISIR SELATAN (26/07/2023) - Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat menggencarkan sosialisasi untuk konsumsi ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) , upaya menekan angka stunting di daerahnya.

"Ketika kita bisa meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat, berarti secara tidak langsung kita sudah menurunkan angka stunting," kata Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Firdaus melalui Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan, Riri Lovita, dalam relis diterima Rabu (26/7/2023).

Hal ini dikarenakan, terangnya, komposisi nutrisi dan protein pada ikan sangat baik untuk kesehatan, pertumbuhan, dan kecerdasan anak.

Baca juga: PILKADA 2024: KPU Pessel Rangkul Media dalam Sosialisasi Tahapan

Gemarikan adalah gerakan nasional yang dilaksanakan secara terus menerus, dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Seperti institusi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan), pelaku usaha perikanan, dan masyarakat umum.

Yakni, untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar gemar memakan ikan.

Bentuk kegiatan beragam, ada sosialisasi dan lainnya. Dengan target sasaran kecamatan, nagari (desa adat), hingga pelosok kampung.

Baca juga: Coklit Data Pemilih Pilkada 2024 Tuntas, Khadafi: 321 Saran Perbaikan Telah Disampaikan

"Target dari gemarikan ini, sebenarnya untuk seluruh masyarakat, tetapi saat ini kegiatan gemarikan lebih kita utamakan kepada balita, untuk penurunan stunting dengan melibatkan ibu rumah tangga," ujarnya. (rel/tsp)

IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: