Jalur Pendakian TWA Gunung Marapi Dibuka Kembali, Pendaftaran Via Online, Ini Link dan Data yang Disiapkan

Selasa, 25 Juli 2023, 12:00 WIB | Wisata | Kab. Agam
Jalur Pendakian TWA Gunung Marapi Dibuka Kembali, Pendaftaran Via Online, Ini Link dan...
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy bersama Andri Warman (Bupati Agam), Ardi Andono (Kepala BKSDA Sumbar) dan jajaran, saat reaktivasi TWA Gunung Marapi dan peluncuran booking online pendakian, di Padang, Senin. (humas)

PADANG (24/7/2023) - BKSDA Sumbar siapkan sistem informasi pendaftaran jadwal pendakian ke Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Marapi secara online.

"Dengan adanya sistem ini, kita bisa mengetahui data pendaki serta mengatasi pendaki ilegal seiring kembali dibukanya TWA Gunung Marapi," ungkap Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat meresmikan reaktivasi TWA Gunung Marapi dan sistem pendakian booking online itu di Convention Hall Padang, Senin.

Audy juga mengapresiasi BKSDA Sumbar, yang terus berinovasi sesuai perkembangan zaman saat ini. Diharapkannya sistem itu bisa diterapkan dengan maksimal.

Diyakininya, TWA Gunung Marapi semakin banyak pengunjung dengan menerapkan sistem ini, sehingga dipastikannya bakal banyak pula masyarakat mendirikan warung-warung.

Baca juga: Halal Bihalal bersama IKTD Riau, Wagub Sumbar Paparkan Progres Jalan Tol Pekanbaru-Padang

"Tentu ini dampaknya kepada pergerakan ekonomi masyarakat," sebutnya.

Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi KLH, Nandang Priadi yang mengikuti kegiatan itu secara virtual menyatakan, sistem pendakian booking online yang diterapkan Sumbar pertama di Indonesia.

"Secara langsung, Sumbar jadi pilot project dalam penerapan sistem ini sehingga nanti dipastikan akan ada kunjungan dari daerah lain," katanya.

Sementara, Bupati Agam, Andri Warman menyambut baik inovasi BKSDA Sumbar yang menerapkan sistem pendakian booking online bagi pendaki.

Baca juga: Wagub Sumbar Tinjau Lokasi Pascabencana Pessel dan Padang Pariaman

Ia juga mendukung BKSDA Sumbar, yang kini kembali mereaktivasi TWA Gunung Marapi setelah ditutup beberapa bulan lalu akibat erupsi.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: