Bio Farma Nobatkan Yulistra Ivo jadi Duta Kanker Servik Kalimantan Tengah

Minggu, 16 Juli 2023, 06:00 WIB | Gaya Hidup | Nasional
Bio Farma Nobatkan Yulistra Ivo jadi Duta Kanker Servik Kalimantan Tengah
Direktur Medis & Hubungan Kelembagaan Bio Farma, Sri Harsi Teteki usai penyematan Duta Kanker Servik pada Yulistra Ivo di GPU Tambun, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat. (humas)

PALANGKARAYA (14/7/2023) - Ketua TP PKK Kalimantan Tengah, Yulistra Ivo Sugianto Sabran dinobatkan sebagi Bio Farman sebagai Duta Kanker Serviks Kalimantan Tengah.

Ini merupakan salah satu kiat Bio Farma, mengajak para perempuan Indonesia khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah, untuk semakin peduli dengan kesehatan dirinya dari bahaya kanker serviks.

"Bio Farma sebagai Holding BUMN Farmasi tentu selalu mendukung upaya pemerintah meningkatkan cakupan skrining kanker serviks di Indonesia, dengan menghadirkan kit diagnostik HPV DNA yang dapat mendeteksi keberadaan HPV lebih dini melalui sample urine," kata Direktur Medis & Hubungan Kelembagaan Bio Farma, Sri Harsi Teteki usai penyematan Duta Kanker Servik pada Yulistra Ivo di GPU Tambun, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat.

Agenda ini merupakan rangkaian harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BBWI) yang dibarengi Pagelaran Busana Pesona Wastra Borneo.

Dia menjelaskan, adanya Kit Diagnostik HPV DNA ini diharapkan para wanita dapat memeriksakan kanker serviks sedini mungkin. Sebab dengan Kit Diagnostik ini, pemeriksaan menjadi lebih nyaman karena metodenya menggunakan sample urine.

"Sebagai perempuan Indonesia kita harus terus melindungi diri dengan menjaga kesehatan, juga mendukung semua perempuan di Indonesia untuk melakukan deteksi dini kanker serviks," ajaknya.

Sementara itu, Yulistra Ivo selama ini merupakan sosok perempuan di Kalimantan Tengah yang sangat menginspirasi yang berperan secara aktif meningkatkan pengetahuan maupun kapasitas perempuan-perempuan yang ada di provinsi setempat, termasuk pada bidang kesehatan.

Yulistra Ivo mengatakan, pemberian gelar duta oleh Bio Farma merupakan suatu kepercayaan sekaligus pengingat bagi dirinya untuk senantiasa sebagai perempuan menjaga pola hidup bersih dan sehat.

"Termasuk menyosialisasikan pencegahan kanker serviks. Saat ini jika melihat perkembangan di lingkungan sekitar, baik saya dan perempuan lainnya di daerah ini sudah semakin peduli, dalam upaya menurunkan risiko kanker serviks," tuturnya.

Dia pun mengajak para perempuan di Kalimantan Tengah dapat melakukan skrining kesehatan, sebagai upaya antisipasi dini terhadap kanker serviks yang merupakan salah satu penyakit sangat berbahaya bagi kaum hawa. (*)

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: