Batang Saman Meluap, Ratusan Rumah di Dua Nagari Terendam Banjir

Jumat, 14 Juli 2023, 19:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Batang Saman Meluap, Ratusan Rumah di Dua Nagari Terendam Banjir
Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto meninjau Batang Saman yang meluap hingga merendam ratusan rumah di Jorong Labuah Lurus, Jorong Pasia Bintungan Nagari Aia Gadang dan Nagari Aia Gadang Barat, Jumat. (robbi irwan)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PASAMAN BARAT (14/7/2023) - Sungai Batang Saman di Kabupaten Pasaman Barat meluap hingga merendam ratusan rumah warga sekitar aliran sungai. Luapan ini disebabkan hujan lebat yang mengguyur sejak Kamis (13/7/2023) malam hingga Jumat pagi.

Akibat luapan ini, ratusan rumah warga di Jorong Labuah Lurus, Jorong Pasia Bintungan Nagari Aia Gadang dan Nagari Aia Gadang Barat terendam air.

"Selain itu, banjir ini mengakibatkan akses jalan dari Simpang Empat-Ujung Gading juga sempat terputus," ungkap Wakil Bupati Risnawanto yang kunjungi lokasi banjir bersama BPBD, camat dan stakeholder lainnya, Jumat

Dikatakan Risnawanto, sekitar 346 rumah warga yang terendam banjir dan satu unit rumah terancam amblas.

Baca juga: Pemkab Agam Akselerasi Pembangunan Rumah Relokasi untuk Korban Banjir Bandang Agam

"Banjir dengan ketinggian 1,5 meter itu sempat memutus akses jalan dan membuat kendaraan mengalami atrian panjang. Baik dari arah Simpang Empat maupun dari Ujung Gading," jelas Risnawanto.

Risnawanto menegaskan Pemerintah Daerah Pasaman Barat akan berkooordinasi dengan Balai Wilayah Sungai.

Ia juga mengimbau masyarakat Pasbar di sekitar bantaran sungai, khususnya yang terdampak banjir, untuk tetap waspada dan saling memberikan informasi serta berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Siap siaga bencana harus kita lakukan. Terutama bagi masyarakat yang membutuhkan untuk dievakuasi, nanti akan kita lakukan itu," terang dia.

Baca juga: Gubernur Sumbar Salurkan 650 Paket PDRP di Rambatan

"BPBD akan selalu standby dan wali nagari jorong dimohon untuk berkomunikasi dengan pihak terkait," tambah Risnawanto. (*)

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: