PEMILU 2024: Bawaslu Imbau Masyarakat Ikut Memelototi Daftar Pemilih

Kamis, 13 Juli 2023, 13:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PEMILU 2024: Bawaslu Imbau Masyarakat Ikut Memelototi Daftar Pemilih
Kiri ke kanan: Kordiv Penindakan Bawaslu Pessel Nurmaidi, Kordiv Hukum Bawaslu Sumbar Nurhaida Yetty, Dede Desmana KPU Pessel, dan Rinaldi Kasek Bawaslu Pessel, saat Rapat Koordinasi Pengawasan DPT 2024, di Painan, Kamis (13/07/2023). Foto: tusrisep

PESISIR SELATAN (13/07/2023) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengimbau masyarakat ikut berpartisipasi dan membantu dalam memelototi data pemilih jelang pemilu 2024 mendatang.

Perihal ini dikarenakan, data kependudukan tersebut terus bergerak setiap harinya.

Ini merupakan hasil pengawasan dari Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, pasca penetapan DPT pada 21 Juli 2023.

Dimana dalam sehari (mulai 22 Juli - hingga saat ini), selaku saja ada warga meninggal dunia di Kampung, Nagari, dan Kecamatan di Pessel.

Baca juga: Ini 5 Komisioner KPU Padang Terpilih Periode 2024-2029

Kemudian, ada juga warga yang pindah domisili, sekolah di luar kabupaten, merantau, pensiunan TNI/Polri dan lainnya.

"Jadi diharap, tidak hanya Bawaslu saja yang cermat memelototi pergerakan data pemilih ini, tapi diharap juga masyarakat khususnya, untuk ikut serta dalam pengawasan tersebut," ucap Kordiv Hukum Bawaslu Sumbar, Nurhaida Yetty, saat membuka Rapat Koordinasi Pengawasan DPT Pemilu 2024, digelar Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) di Painan, Kamis (13/07/2023).

Ini disebabkan, terangnya, karena tidak dilaporkan oleh pihak keluarga terkait, ke pihak terkait seperti pihak Capil, Nagari, dan Kampung.

"Ikut Sertanya masyarakat dalam mencermati daftar pemilih ini, jelas sangat diharapkan. Sebab, memilih adalah hak, tapi kalau tidak dipergunakan akan terbuang sia-sia saja haknya," ujar Nurhaida Yetty.

Baca juga: Pilkada se-Sumbar 2024, Semua Tahapan Pendaftaran Calon melalui Silon, Ini Tahapannya

Kordiv Penindakan dan Pelanggaran Pemilu Bawaslu Pessel, Nurmaidi menambahkan, penyusunan daftar pemilih, adalah tahapan yang paling panjang dalam pemilu.

Halaman:

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: