DKPP Gelar Bimtek untuk Tim Pemeriksa Daerah, Heddy: Ingat, Kerumitan Pemilu 2024 Sangat Tinggi

Rabu, 14 Juni 2023, 07:00 WIB | News | Nasional
DKPP Gelar Bimtek untuk Tim Pemeriksa Daerah, Heddy: Ingat, Kerumitan Pemilu 2024 Sangat...
Ketua DKPP, Heddy Lugito saat menutup Bimbingan Teknis (Bimtek) TPD seluruh Indonesia Tahun 2023 di Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, Selasa. (humas)

SUKOHARJO (13/6/2023) - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Heddy Lugito menilai, pelaksanaan Pemilu serentak 2024 akan jadi tantangan yang harus dihadapi Tim Pemeriksa Daerah (TPD). Ini akan jadi tantangan yang berat.

Ia berpendapat, Pemilu serentak Tahun 2024 sangatlah berbeda dengan hajat-hajat demokrasi di Indonesia sebelumnya. Karena keserentakannya itu, Pemilu 2024 juga memiliki tingkat kerumitan yang sangat tinggi.

"Ini harus disadari oleh TPD di seluruh Indonesia. Butuh energi yang luar biasa. Kita harus menyiapkan mental, pikiran dan tenaga untuk mengawal agar Pemilu berjalan dengan baik," tegas Heddy saat menutup Bimbingan Teknis (Bimtek) TPD seluruh Indonesia Tahun 2023 di Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, Selasa.

Tahapan lebih berat, urai dia, karena sudah masuk pencalonan, kemudian segera memasuki masa kampanye dan pencoblosan.

Baca juga: Ini Kesiapan Sumut Sambut Pemilu 2024 dan PON XXI

Heddy menambahkan, Pemilu 2024 akan menghasilkan hal baru di seluruh Indonesia. Mulai dari bupati atau wali kota, gubernur hingga presiden.

Bupati yang baru terpilih, kata Heddy, bukan tidak mungkin akan mengubah jajaran di pemerintah daerah.

Hal yang sama juga terjadi dengan gubernur dan presiden, yang sangat besar kemungkinannya akan memiliki jajaran pembantu baru.

Semua proses itu hanya dapat berjalan sesuai dengan amanat dan kehendak hati nurani rakyat jika Pemilu berlangsung dengan jujur dan adil.

Baca juga: DKPP Lantik 57 Tim Pemeriksa Daerah, Tanda Tangani Pakta Integritas

"Penyelenggara pemilu dan kita harus memiliki integritas yang bagus," tegas pria yang berkarir sebagai jurnalis ini selama 22 tahun ini.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber: Rilis DKPP

Bagikan: