Sekda Pekanbaru Hadiri Penanaman Pohon di Pangkalan Kerinci Bersama Wapres

Rabu, 22 Maret 2023, 15:43 WIB | News | Nasional
Sekda Pekanbaru Hadiri Penanaman Pohon di Pangkalan Kerinci Bersama Wapres
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution hadiri aksi penanaman bibit pohon di Desa Makmur Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, bersama Wapres Ma'ruf Amin, Senin pagi. (humas)

PEKANBARU (20/3/2023) - Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyaksikan penanaman bibit pohon di Desa Makmur Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Senin pagi.

Penanaman bibit pohon ini merupakan komitmen kuat Pemerintah Indonesia dalam mendorong pemulihan iklim dan lingkungan.

"Saya menghadiri Gerakan Penanaman Pohon pada Hari Desa Asri Nusantara yang digelar oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Kegiatan penanaman pohon ini digelar di Desa Makmur Kecamatan, Kabupaten Pelalawan," kata Indra Pomi.

Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. Dalam pidatonya, Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa menanam pohon bagian itu bagian dari iman.

Baca juga: PILPRES 2024: Di Pessel, Nasdem dan PKB Mulai Konsolidasi Pemenangan AMIN

"Kita harus terus menanam pohon untuk mengganti pohon yang sudah rusak. Kota Pekanbaru juga tetap melakukan penanaman pohon untuk memperbaiki paru-paru kota," ujarnya.

Pemko Pekanbaru telah menetapkan ruang terbuka hijau (RTH) dalam Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang harus ditanam dengan pohon-pohon. Masyarakat Pekanbaru juga mesti membudayakan penanaman pohon ini agar kota ini sejuk.

"Usai kegiatan, Wapres Ma'ruf Amin langsung kembali ke Jakarta," ucap Indra Pomi.

Dalam pidatonya, Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan, perubahan iklim dan dampak yang ditimbulkan merupakan sebuah keniscayaan. Dampak perubahan iklim dapat diminimalisir apabila dilakukan upaya pencegahan yang baik.

Baca juga: Jadwal Pendaftaran Capres-Cawapres Dipercepat, Doli: Komisi II DPR akan Minta Penjelasan KPU

Oleh karena itu, diperlukan kontribusi melalui gerakan-gerakan nyata dalam upaya mitigasi dampak perubahan iklim, salah satunya penghijauan di tingkat desa yang merupakan tonggak dasar ketahanan sebuah negara.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: