73 Paguyuban Hadiri Silaturahmi Forum Pembauran Kebangsaan, Ini Harapan Syamsuar

Jumat, 10 Maret 2023, 16:50 WIB | News | Nasional
73 Paguyuban Hadiri Silaturahmi Forum Pembauran Kebangsaan, Ini Harapan Syamsuar
Gubernur Riau, Syamsuar disambut anggota berbagai paguyuban se-Provinsi Riau di Gedung Daerah Balai Serindit, Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru, Jumat. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PEKANBARU (10/3/2023) - Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, sebentar lagi umat Islam akan menyambut bulan suci Ramadhan. Diharapkan, pertemuan yang digelar berbagai kelompok masyarakat, bisa jadi sarna mempererat tali persaudaraan.

"Bagi umat Islam, harus banyak silaturahmi sekaligus minta ampun kepada Allah dan juga minta maaf kepada sahabat semua," ucap Syamsuar saat menghadiri silahturahmi paguyuban bersama Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Gedung Daerah Balai Serindit, Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru, Jumat.

Pertemuan ini sekaligus menjadikan wadah komunikasi antar-masyarakat. Diarahkan untuk koordinasi menumbuhkan, memantapkan, memelihar, dan mengembangkan pembauran kebangsaan.

Dia mengatakan, dengan adanya forum pembauran ini sangat membantu Pemerintah Provinsi Riau. Terlebih saat masa pandemi Covid-19, setiap paguyuban saling bahu membahu memberikan edukasi kepada masyarakat dengan menggunakan bahasa daerahnya masing-masing.

Baca juga: LLDIKTI Riau-Kepri Terbentuk, Syamsuar: Kantor Sudah Disiapkan, jika Butuh Pegawai akan Disediakan

"Ketika pandemi Covid-19 saya minta tolong kepada paguyuban untuk menyampaikan bahaya Covid-19 dengan bahasa masing-masing setiap hari. Kemudian ikut sosialisasi melalui live streaming dibantu oleh Dinas Kominfo Riau. Ini terus kita lakukan pada saat itu, tujuannya untuk mengimbau masyarakat," katanya.

Strategi seperti itu, imbuh Syamsuar, dilakukan ketika memberikan sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi. FPK yang bersinergi dengan Pemprov Riau ini menjalankan tugas tersebut dengan cara menyebarkan informasi hingga turun langsung ke tempat ibadah.

"Banyak masyarakat kita ketika itu tidak percaya Covid. Oleh karenanya FPK inilah yang mensosialisaikan bahaya Covid."

"Termasuk juga sukseskan vaksinasi tokoh agama Islam laksanakan di masjid, yang Kristen juga ada yang melaksanakan di gereja, termasuk Konghucu juga melaksanakan di tempat ibadahnya. Ini semua adalah sangat membantu kami," jelasnya.

Baca juga: Riau Garden Disiapkan jadi Destinasi Kuliner Halal, Aman dan Sehat, Ini Kata Gubernur Riau

Tak hanya itu saja, dia juga menerangkan, dengan adanya forum pembauran tersebut sangat membantu dalam meningkatkan kerukunan umat beragama di Bumi Lancang Kuning.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: