Fadly Amran Pasangkan Deta ke Anies Baswedan, Dipayungi Payung Kuning Begitu Turun dari Private Jet

Minggu, 04 Desember 2022, 07:41 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Fadly Amran Pasangkan Deta ke Anies Baswedan, Dipayungi Payung Kuning Begitu Turun dari...
Bakal calon presiden yang diusung Partai Nasdem, Anies Rasyid Baswedan disambut dengan payung kuning, sesampainya di Bandara Internasional Minangkabau, Sabtu sore.

PADANG (3/12/2022) - Anies Rasyid Baswedan dipasangkan deta oleh Ketua Partai Nasdem Sumatera Barat, Fadly Amran begitu menginjakan kakinya di Bandara Internasional Minangkabau, Sabtu sore.

"Selamat datang di Sumatera Barat Pak Anies Baswedan, bakal calon presiden pilihan Partai Nasdem," ungkap Fadly sebagaimana ditulis di akun sosial media pribadinya, Sabtu malam.

Deta adalah salah satu unsur pada pakaian adat laki-laki Minang, yang berfungsi untuk menutup kepala. Sedangkan pada wanita, namanya Tikuluak. Penutup kepala ini juga dapat jadi tanda kewibawaan, kehormatan, kemuliaan, status dan identitas pemakainya.

Sedangkan Payung Kuning melambangkan dia adalah seorang pemimpin, jelas keturunannya, cerdas dan kepintarannya (piawai). Ibarat petuah dalam adat Minangkabau "kuniang ameh tahan uji."

Baca juga: Anies Baswedan Sapa Rang Minang, Bertemu Ulama Tarekat hingga Doa Bersama untuk Palestina di Jam Gadang

Kedatangan Anies ke Sumatera Barat, setelah melakukan kunjungan silaturahmi di Provinsi Nanggore Aceh Darusalam. Mantan gubernur DKI Jakarta dan rombongan itu, menggunakan pesawat jet pribadi dengan lambang burung elang di bagian ekor pesawat.

Usai penyambutan di BIM, Anis berangkat menuju Kota Padang Panjang. Sebelum sampai di Kota Padang Panjang, Anies singgah untuk shalat Ashar di Komplek INS Kayu Tanam. Kemudian, juga mencicipi durian khas Kabupaten Padang Pariaman yang terkenal enak di Sumatera Barat.

Selanjutnya, Anies berkunjung ke Perguruan Diniyah Putri Padang Panjang. Di sekolah yang jadi inspirasi Universitas Al Azhar ini, Anies berbicara tentang pendidikan karakter. Kemudian, dilanjutkan dengan orasi kebudayaah di Lapangan Bancah Laweh.

"Kunjungan ini adalah bentuk silaturahmi seorang anak bangsa bernama Anies Rasyid Baswedan dengan masyarakat Minangkabau yang kebetulan dicalonkan Partai Nasdem sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2024," ungkap Sekretaris Partai Nasdem Sumatera Barat, Ardyan saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu pagi.

Baca juga: Anies-Muhaimin serta PKB dan Partai Nasdem Bertandang ke DPP PKS, Yaa Lal Wathon Menggema

Sebagai bentuk silaturahmi itu, ungkap Ardyan, diwujudkan Anies dengan berkunjung secara resmi ke kantor Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat di komplek Masjid Raya Sumbar pada Ahad (4/11/2022).

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: