BPNB jadikan Novel AR Rizal Film Pendek 'Jimaik Ijah,' Disutradarai Dirmawan Hatta

Minggu, 27 November 2022, 13:36 WIB | Gaya Hidup | Provinsi Sumatera Barat
BPNB jadikan Novel AR Rizal Film Pendek 'Jimaik Ijah,' Disutradarai Dirmawan Hatta
Salah satu scene dalam film pendek Jimaik Ijah yang diproduksi BPNB Sumbar.

"Akan kita daftarkan dalam festival film. Terutama, festival film yang bertemakan heritage. Ini akan besar sekali peluangnya," ujar peraih Piala Citra tahun 2017 untuk film dukomentar panjang berjudul Bulu Mata ini.

Film Jimaik Ijah dan Orang Rantai mengangkat khasanah budaya Sumatera Barat. Jimaik Ijah yang bertemakan budaya matrilineal secara khusus mengangkat keunikan arsitektur rumah gadang.

Selain itu, film ini mengangkat pesona alam dan budaya Nagari Sumpur, Kabupaten Tanah Datar yang terletak di tepian Danau Singkarak.

Sementara, Orang Rantai bertemakan sejarah pekerja tambang yang secara khusus mengangkat keunikan arsitektur kolonial di masa lalu di Kota Sawahlunto yang masih terawat hingga sekarang.

Titit Lestari, mewakili Kepala BPNB Sumbar menyebutkan, tahun 2022 ini BPNB memproduksi enam film pendek bertemakan budaya.

Dua film masing-masing diproduksi di Bengkulu dan Palembang. Empat film diproduksi di Sumbar, yaitu Orang Rantai, Jimaik Ijah, Jodoh Mia dan film dokumenter Maresek.

Film-film produksi BPNB kali ini menurut Titit Lestari agak berbeda. Film-film ini dibuat dengan serius melibatkan sineas yang sudah teruji karya-karyanya.

"Kita berharap film-film ini bisa bersaing di berbagai festival film. Menjadi satu kebanggan pula bila film yang diproduksi pemerintah itu bisa menang di festival film," ujar Titit Lestari.

Trailer film-film produksi BPNB Sumbar ini sudah bisa dinikmati di linimasa. Masyarakat nanti bisa menontonnya di kanal Indonesiana TV. (rls)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: