Manisnya 300 Kali Gula, Ini 5 Manfaat Konsumsi Stevia Bagi Kesehatan, Cermati juga Batasannya

Kamis, 20 Oktober 2022, 16:56 WIB | Gaya Hidup | Nasional
Manisnya 300 Kali Gula, Ini 5 Manfaat Konsumsi Stevia Bagi Kesehatan, Cermati juga...
Ilustrasi daun stevia dan gula.

Sebagai perbandingan, dalam satu sendok teh (sekitar 4,2 gram) gula biasa terdapat 16 kalori dan 4 gram karbohidrat, sedangkan dalam 1 sendok teh stevia terdapat 0 kalori dan hanya 1 gram karbohidrat.

Hingga saat ini, stevia sudah terbukti aman untuk dikonsumsi. Namun, Anda harus tetap memperhatikan asupan makanan dan minuman sehari-hari agar jumlah gula dan kalori yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Batasan asupan gula untuk pria adalah 37,5 gram atau 9 sendok teh per hari. Sedangkan untuk wanita sebanyak 25 gram atau 6 sendok teh per hari.

Baca juga: Suharjono: Perda Penanggulangan Bencana Fokus pada Pencegahan dan Mitigasi

Perlu diingat, mengonsumsi makanan bebas gula bukan berarti Anda terbebas dari kalori. Kalori bisa didapat dari bahan lainnya pada makanan atau minuman tersebut. Selain itu, Anda juga perlu menjalani gaya hidup sehat karena mengandalkan stevia saja tidak cukup untuk menjaga kadar gula di dalam tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah

Stevioside merupakan jenis glikosida tetapi dapat mengendurkan pembuluh darah, meningkatkan buang air kecil, dan membantu penguraian natrium dalam tubuh. Dengan begitu, tekanan kardiovaskular dapat terjaga dan menurunkan tekanan darah sehingga kesehatan jantung terlindungi dan mencegah kondisi tertentu seperti stroke, dan serangan jantung.

Menjaga Kesehatan Mulut

Stevia telah terbukti dapat mengurangi pembentukan bakteri di mulut. Oleh karena itu, stevia banyak digunakan untuk bahan aditif pada merek pasta gigi dan obat kumur. Stevia juga dapat mencegah gigi berlubang, dan radang gigi yang tidak bisa dilakukan oleh sukrosa.

Mencegah Osteoporosis

Lain halnya dengan gula, stevia dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mengobati osteoporosis. Hal ini telah terbukti pada penelitian terhadap hewan yang menunjukkan meningkatkan metabolisme kalsium. Para peneliti juga masih melakukan penelitian lebih lanjut untuk penerapan manfaat stevia satu ini pada manusia.

Batas Aman

Menurut Food & Drug Administration (FDA), batas asupan steviol yang aman dalam sehari yakni 4 miligram per kilogram berat badan (mg/kg).

Jumlah ini setara dengan 12 mg ekstrak stevia dengan kemurnian tinggi per kilogram berat badan per hari.

Selama Anda menggunakannya sebagai pemanis makanan, ekstrak stevia murni umumnya tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: