Andri Warman Terima Kode Wilayah 10 Nagari Persiapan di Agam

Selasa, 27 September 2022, 11:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Andri Warman Terima Kode Wilayah 10 Nagari Persiapan di Agam
Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) RI, Jhon Wempi Wetipo serahkan kode wilayah nagari pada Bupati Agam, Andri Warman di gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri RI, Senin. Ikut hadir dua anggota DPR RI dari Sumbar II, Guspardi Gaus dan Rezka Oktoberia.

Bahkan, kata Jhon Wempi, Mendagri juga mengarahkan apabila syarat administrasi sudah lengkap agar meringankan proses kode desa ini.

"Maka kita berharap apabila administrasinya ada yang kurang segera dilengkapi," tukasnya.

Bupati Agam, Andri Warman hadir saat itu, mengaku bersyukur kode desa untuk Kabupaten Agam sudah dikeluarkan Kemendagri RI.

"Alhamdulillah, setelah melalui berbagai tahapan dan proses panjang, kode desa atau nagari sudah diperoleh untuk 10 nagari," ujarnya.

Dikatakannya, Perda yang diminta Kemendagri sudah ditetapkan, tinggal lagi untuk menyerahkannya.

Setelah keluar kode desa ini, katanya, dilakukan pelantikan Pj wali nagari, pembentukan lembaga nagari seperti Bamus, pembentukan panitia pemilihan serta pemilihan wali nagari.

"Sebelumnya tentu kita tunggu dulu keluarnya Permendagri yang jadi syarat untuk itu," katanya.

Kabupaten Agam miliki 23 nagari persiapan, 10 di antaranya sudah peroleh kode desa dan 13 lagi sedang diproses oleh Kemendagri.

"Ke-13 nagari persiapan lagi sudah diverifikasi oleh Kemendagri, jika dinyatakan lolos secara administrasi kode desa sudah bisa diproses," sebut Andri Warman.

Hal ini didukunganggota DPR RI Dapil Sumatera Barat, Guspardi Gaus dan Rezka Oktoberia yang turut hadir saat itu.

Anggota DPR RI, Guspardi Gaus ingin bagaimana semua kode desa Sumatera Barat bisa segera keluar, terkhusus untuk Kabupaten Agam.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: