Pesepakbola Perlu Didikan hingga ke Luar Negeri

Rabu, 21 Oktober 2015, 13:38 WIB | Sport | Kota Padang
Pesepakbola Perlu Didikan hingga ke Luar Negeri
Arif Putra Wicaksono dari 'Nine Sport' saat pendeklarasian Padang Smart Soccer City, di Balaikota Padang, Selasa (20/10/2015). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Untuk mendapatkan pemain sepakbola andal dan berbakat, perlu proses penampaan dengan baik. Proses penempaan itu, tak cukup dengan teknik bermain sepakbola dari pelatih dalam negeri saja, akan tetapi juga hingga ke luar negeri.

"Bila ingin mendapatkan pemain berbakat, harus dididik dengan bagus. Sedangkan dokter saja kita godok ke luar negeri sana, termasuk pesepakbola," kata Arif Putra Wicaksono dari 'Nine Sport' saat pendeklarasian Padang Smart Soccer City, di Balaikota Padang, Selasa (20/10/2015).

Arif sebelumnya pernah membawa pemain Timnas Indonesia, Evan Dimas berguru ke salah satu klub di Spanyol. Meski setelah itu, Evan tak mampu bersaing dalam seleksi di Spanyol. Akan tetapi, Arief menilai, Evan telah membuka mata dunia.

"Saat itu, memang Evan kurang beruntung kala trial di sana (Spanyol). Evan tak punya teknik dasar memadai untuk level Eropa. Tetapi, Evan telah menggambarkan bahwa untuk menjadi pesepakbola hebat, mesti berguru ke luar negeri sana," kata Arif, dikutip dari siaran pers Pemko Padang.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

Arif menyebut, saat ini dirinya dan 'Nine Sport' fokus untuk membesarkan nama Evan Dimas di luar negeri sana. Sebab saat ini mata dunia menilai Evan termasuk salah satu pemain berbakat dari Indonesia.

"Kita fokus Evan Dimas dulu, nanti apabila berhasil ke sana (luar negeri). Evan jadi pintu gerbang bagi pemain lain," sebut Arif.

Untuk mencari pemain berbakat seperti Evan Dimas, Arif melalui 'Nine Sport' akan menggelar audisi pemain sepakbola di Padang. Audisi ini akan dilakukan langsung oleh seorang pelatih handal asal klub Belanda, Ajax Amsterdam.

"Audisi akan kita gelar November nanti. Ini guna memotivasi generasi pesepak bola di Kota Padang. Jika biasanya kita mengundang klub asing hanya untuk bermain, kali ini kita ingin mereka meninggalkan 'sesuatu' untuk generasi kita di sini," tukuk Arif.

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

Menyinggung dideklarasikannya Padang Smart Soccer City, Arif mengaku mendukung rencana Pemerintah Kota Padang. Nantinya mereka akan mencoba untuk menempa bibit pesepakbola Kota Padang.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: