Peralihan Siaran Analog ke Digital, Jasman: Pemprov Sumbar Siap Dukung dan Sukseskan

Senin, 20 Juni 2022, 22:06 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Peralihan Siaran Analog ke Digital, Jasman: Pemprov Sumbar Siap Dukung dan Sukseskan
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Barat, Jasman Rizal.

Dengan adanya simulcast, siaran TV Analog dan TV digital berjalan bersamaan. Simulcast sekaligus menjadi sarana untuk memperkenalkan siaran TV Digital pada masyarakat.

Sehingga, masyarakat bisa langsung merasakan bedanya. Kalau sudah menonton siaran TV Digital, gambarnya sangat jelas, suara jernih.

Beralih ke siaran TV Digital itu mudah. Untuk menangkap siaran TV Digital, memang tergantung jenis televisi yang dimiliki masyarakat. Kalau televisinya sudah memiliki perangkat atau tuner DVB-T2 secara otomatis bisa menangkap siaran digital.

Baca juga: PT Angkasa Pura Bantu 2 River Boat dan 1 ATV untuk Desa Wisata Simarasok

Tinggal scanning saluran. Kalau perangkat televisinya masih TV analog diperlukan alat tambahan, Set Top Box (STB). STB bisa dibeli di toko televisi terdekat atau secara online melalui market place.

Bagi rumah tangga miskin, pemerintah memberikan STB bersubsidi. Pemerintah bersama lembaga penyiaran swasta pemenang multiplexing (MUX), telah menyiapkan skema pemberian bantuan STB tersebut.

Sekarang, masyarakat dipersilakan mencermati daftar tahapan migrasi TV digital atau Analog Switch Off (ASO). Perlu selalu diingat, siaran TV Digital itu gratis. Bukan streaming internet. Bersih gambarnya, jernih suaranya, dan canggih teknologinya. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: