570 STB Gratis Telah Dibagikan PT POS di Sumatera Barat

Senin, 20 Juni 2022, 20:47 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
570 STB Gratis Telah Dibagikan PT POS di Sumatera Barat
Perangkat Set Top Box (STB) yang digunakan untuk menangkap siaran digital.

Lalu, buka file PDF di laman tersebut untuk mengetahui apakah daerah Anda masuk dalam penerima bantuan ASO tahap 1.

Di laman ini, warga dapat membaca informasi soal provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa penerima bantuan STB dan ditampilkan pula detail alokasi unit STB yang akan dibagikan

Untuk diketahui dalam pendistribusian STB, PT Pos Indonesia juga memastikan penerima bantuan memenuhi kriteria melalui proses verifikasi dan validasi data penerima bantuan.

Baca juga: STB Matrix Dilengkapi Fitur Peringatan Dini Kebencanaan

Kriteria yang dimaksud yaitu kesesuaian dokumen KTP dan KK dengan penerima bantuan saat pendistribusian STB dan memiliki pesawat televisi analog.

Kemudian, memastikan STB diterima oleh penerima bantuan yang telah memenuhi kriteria serta memastikan STB telah tersambung dan diinstalasi pada televisi penerima bantuan.

Bagi Indonesia yang sangat luas ini, proses migrasi ke TV Digital melibatkan banyak sekali faktor. Salah satunya, akan melibatkan 697 lembaga penyiaran televisi yang bersiaran dengan terestrial analog dan 44,5 juta rumah tangga yang saat ini menyaksikan secara televisi analog.

Langkah-langkah yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan proses peralihan ke TV Digital tersebut yakni dengan mulai dengan siaran digitalnya. Ketika masyarakat siap dan lembaga penyiaran siap, maka perpindahan bisa dilakukan secara bersama-sama.

Untuk ini, ada empat hal yang dipersiapkan, pertama infrastruktur. Saat ini, infrastruktur sudah bisa menjangkau 70 persen populasi. Kalau di Sumatera Barat, sudah lebih dari 70 persen yang terjangkau.

Langkah kedua yaitu menyiapkan pemindahan program siarannya. Ketika masyarakat beralih ke TV digital, harapannya bisa menonton siaran yang sebelumnya ditonton di analog. Di Padang ini ada 20 siaran TV analog.

Hal ketiga adalah perangkat, Set Top Box (STB). Ini alat penting untuk menonton siaran TV Digital. Pastikan STB nya bersertifikasi. Bagi rumah tangga miskin, pemerintah bersama lembaga penyiaran menyiapkan bantuan STB. Hal keempat yang perlu dan penting adalah sosialisasi ke masyarakat.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: