Pengusulan Inyiak Canduang jadi Pahlawan Masuki Tahap Sidang Berkas oleh TP2GD Sumbar

Kamis, 10 Maret 2022, 17:18 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Pengusulan Inyiak Canduang jadi Pahlawan Masuki Tahap Sidang Berkas oleh TP2GD Sumbar
Kepala Dinas Sosial Agam, Rahmi Artati bersama Yayasan MTI Canduang dan Prof Sofyarma Marsidin (ketua Tarbiyah-Perti Sumbar), perwakilan dari Dinas Sosial Agam dan Tim TP2GD Agam usai sidang berkas oleh Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Sumatera

Dikatakan, Inyiak Canduang memiliki peran pada gerakan Sumpah Pemuda, kemerdekaan, pasca kemerdekaan hingga era orde lama dan orde baru.

"Tokoh penting dalam dunia pendidikan Islam di Minangkabau ini, perlu diangkat ke tingkat nasional. Nama beliau terdengar sampai ke Jakarta sejak zaman Belanda," ujarnya saat pembukaan Rapat Kerja Nasional Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) di Jakarta, Sabtu (19/6/2021) lalu.

Diketahui, Syekh Sulaiman Ar-Rasuli lahir pada 10 Desember 1871 dan wafat pada 1 Agustus 1970. Beliau adalah seorang ulama Minangkabau yang mendirikan Persatuan Tarbiyah Islamiyah.

Baca juga: 33 Kelompok Peternak di Agam Dapat Bantuan, Ini Rinciannya

Syekh Sulaiman Ar-Rasuli dikenal sebagai tokoh yang menyebarluaskan gagasan keterpaduan adat Minangkabau dan syariat lewat ungkapan adaik basandi syarak, syarak basandi kitabullah. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: