Ini Pesan Hamsuardi di Rakorbang Kecamatan Talamau

Senin, 07 Februari 2022, 22:35 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Ini Pesan Hamsuardi di Rakorbang Kecamatan Talamau
Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi saat membuka Rakorbang 2022 untuk RKPD 2023 di gedung pertemuan Pusako Anak Nagari Talu, Kecamatan Talamau, Senin. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (7/2/2022) - Rapat Koordinasi Rencana Pembangunan (Rakorbang) kecamatan khususnya Kecamatan Talamau, harus membahas dan memprioritaskan apa yang dicita-citakan masyarakat. Selain apa yang jadi harapan masyarakat, Rakorbang yang dilakukan juga harus sesuai dengan visi misi kepala daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi saat membuka Rakorbang 2022 untuk RKPD 2023 di gedung pertemuan Pusako Anak Nagari Talu, Kecamatan Talamau, Senin.

"Harapan kita bapak dan ibu harus fokus terhadap apa yang kita cita-citakan. Program masyarakat harus dikerjakan, rehab gedung SD, jaringan irigasi, perbaikan jalan dan jembatan, membangun lapangan olahraga yang tidak ada, wirid remajanya tidak ada. Di sini kita bahas. Upaya mengatasi kenakalan remaja, adalah dengan membawa kearah yang positif," kata Hamsuardi saat membuka kegiatan.

Dia melanjutkan, pembangunan harus disegala bidang bukan hanya pembangunan fisik atau infrastuktur. Hal yang paling utama adalah pembangunan akhlak dan karakter masyarakatnya. Ia berharap, kerjasama semua pihak terjalin dalam membangun Pasbar terutama DPRD, OPD, Camat, wali nagari, jorong, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda serta masyarakat.

Baca juga: Bupati dan Wabup Lepas 331 JCH Pasbar, Hamsuardi: Doakan Daerah Kita Terhindar dari Musibah

"Kita harus gigih dan semangat untuk membangun, meskipun ditengah keterbatasan dana yang ada. Proposal pembangunan yang diusulkan harus melihat skala prioritas. Pokok pikiran (Pokir) yang disampaikan DPRD sangat tergantung pada OPD. Mari ikuti acara ini dengan seksama, memilah mana yang harus dikerjakan dan diprioritaskan," jelasnya.

Di samping itu, Anggota DPRD Pasbar, Baharuddin mengatakan, masyarakat Talamau telah menyampaikan Pokir pembangunan sebagai aspirasi yang ditampung anggota DPRD dan pemerintah daerah.

"Pada kesempatan ini, sudah hadir beberapa anggota DPRD. Pokir pembangunan yang sudah kita tampung selama ini, akan disampaikan kepada kita semua. Betapa beruntung masyarakat Talamau, ninik mamak, bundo kanduang, tokoh masyarakat memiliki anggota dewan yang mendukung penuh cita-cita masyarakatnya," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda, Harnina Syahputri menjelaskan, Rakorbang kecamatan merupakan forum pembahasan hasil daftar usulan desa/kelurahan di lingkup kecamatan. Kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan, yang disesuaikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan.

Baca juga: Hamsuardi Daftar jadi Calon Bupati ke Partai Demokrat, Sebelumnya ke PKB dan PAN

"Rakorbang masih merupakan wadah tertinggi. Pemeriksaan pembangunan bukan hanya fisik saja tetapi dilihat mulai perencanaan. Perencanaan harus sesuai aturan, mekanisme dan penyelarasan. Sesuatu yang direncanakan dengan baik akan menghasilkan hasil yang baik pula," ujar Harnina.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: