Ini Pesan Wabup Pasaman Barat di Rakorbang Kecamatan Luhak Nan Duo

Senin, 07 Februari 2022, 18:29 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Ini Pesan Wabup Pasaman Barat di Rakorbang Kecamatan Luhak Nan Duo
Wakil Bupati Pasbar, Risnawanto memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Rencana Pembangunan (Rakorbang) Kecamatan Luhak Nan Duo, Senin. (robbi irwan)

PASAMAN BARAT (7/2/2022) - Wakil Bupati Pasbar, Risnawanto menyatakan, Rapat Koordinasi Rencana Pembangunan (Rakorbang) merupakan forum pembahasan hasil daftar usulan nagari di lingkup kecamatan dalam rangka untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan nagari yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan.

"Pelaksanaan Rakorbang ini merupakan tahun kedua pada masa kepemimpinan kami. Untuk itu, kami mengajak bersama-sama berkolaborasi dan bersinergi dalam mewujudkan Pasaman Barat yang bermartabat, agamais, maju dan sejahtera sesuai visi misi Pasaman Barat," kata Risnawanto pada Rapat Koordinasi Rencana Pembangunan (Rakorbang) Kecamatan Luhak Nan Duo Tahun 2023, di Aula Kecamatan Luhak Nan Duo, Senin.

Menurut dia, Rakorbang ini merupakan amanat UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

Dia berharap, seluruh komponen berperan aktif dalam Rakorbang kecamatan tersebut, sehingga diperoleh usulan program dan kegiatan yang diprioritaskan dengan mempertimbangkan tingkat urgensi kebutuhan dan jumlah masyarakat penerima manfaat setiap kegiatan yang dilaksanakan, serta mendukung pencapaian program program unggulan yang telah di tetapkan sebelumnya.

Baca juga: Risnawanto Tinjau Pembangunan Jalan di Ranah Batahan

"Kepada camat sebagai pelaksana forum ini, agar melaksanakan Rakorbang ini dengan sebaik-baiknya sehingga setiap usulan yang sifatnya mendesak, dapat diprioritaskan sesuai dengan kewenangan OPD dan ketentuan teknis yang berlaku serta visi misi kepala daerah," ucap Risnawanto

Sementara itu, Ketua DPRD Pasbar, Erianto mendukung pelaksanaan Rakorbang, karena pada dasarnya kegiatan yang dilaksanakan merupakan upaya dalam pencapaiaan visi misi bupati Pasbar yang sudah di tetapkan dan dilaksanakan di Pasaman Barat.

Ia berharap, koordinasi antara Pemerintah Daerah dengan DPRD serta stakeholder lainnya terjalin dengan lebih baik, untuk mewujudkan Pasaman Barat lebih maju.

Sementara, Camat Luhak Nan Duo, Resta Amelda Putri menjelaskan, Rakorbang ini merupakan forum pembahasan untuk menyepakati hasil daftar usulan nagari di lingkungan kecamatan serta penyelarasan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan nagari yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah dan kegiatan yang belum tercakup dalam prioritas pembangunan di wilayah kecamatan.

Baca juga: Halal Bihalal dengan LKAAM Pasbar, Risnawanto Nyatakan Siap jadi Calon Bupati di Pilkada 2024

Menurutnya, terdapat beberapa kegiatan yang jadi prioritas pembangunan yang diusulkan seperti pembangunan jalan, peningkatan infrastruktur penunjang perekonomian rakyat serta penurunan angka kemiskinan masyarakat kecamatan Luhak Nan Duo.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: