Gubernur Sumbar Luncurkan Teknologi Drone Sprayer di Punggasan

Senin, 24 Januari 2022, 21:23 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Gubernur Sumbar Luncurkan Teknologi Drone Sprayer di Punggasan
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Rudi Hariansyah (Wakil Bupati Pesisir Selatan) menghadiri peluncuran teknologi drone sprayer bagi petani di Nagari Padang IX Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Bangganti. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PESISIR SELATAN (24/1/2022) - Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Rudi Hariansyah (Wakil Bupati Pesisir Selatan) menghadiri peluncuran teknologi drone sprayer bagi kelompok Tani Bunga 2 Punggasan di Nagari Padang IX Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Bangganti.

Penerapan Drone Sprayer di sektor pertanian ini, ungkap Mahyeldi, merupakan terobosan baru untuk meningkatkan hasil panen yang maksimal. Dengan drone yang mempunyai daya angkut maksimal 20 liter, dapat melakukan penyemprotan 1 ha dalam waktu 7 menit.

"Penyemprotan pupuk cair pada tanaman jadi jauh lebih efisien," ungkap Mahyeldi saat uji coba di lahan milik Kelompok Tani Bunga 2 yang jadi percobaan, Ahad.

Dikesempatan itu, Mahyeldi mengingat pertumbuhan pesat yang dialami kelompok ini, sejak Pemprov Sumbar mulai mendorong petani untuk beralih dari sistem pertanian kimia ke organik.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

"Semoga dengan mulainya penerapan teknologi dalam pengolahan lahan pertanian, bisa meningkatkan kualitas serta kesejahteraan petani nantinya," ungkapnya.

Drone Masih Mahal

Sementara, Rudi Hariansyah mengatakan, pesawat tanpa awak (drone), mulai dikembangkan untuk bidang pertanian. Kabupaten Pesisir Selatan jadi salah satu daerah yang mengaplikasikan teknologi drone untuk memupuk areal persawahan lewat udara.

"Petani akan semakin tertinggal, jika tidak mengenal teknologi pertanian yang semakin berkembang, Penggunaan teknologi drone dalam bidang pertanian diharapkan mampu meningkatkan produksi pertanian, khususnya padi," katanya.

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

Rudi berharap, teknologi ini bisa diaplikasikan secara luas di Pesisir Selatan. Hanya saja, peralatan drone yang dibutuhkan masih terbilang mahal, selain itu juga terkendala penguasaan teknologi.

Halaman:

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: