1500 Bibit Bambu Ditanam untuk Atasi Dampak Luapan Batang Pasaman

Kamis, 30 September 2021, 22:03 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
1500 Bibit Bambu Ditanam untuk Atasi Dampak Luapan Batang Pasaman
Wakil Bupati Pasbar, Risnawanto melakukan penamanan bibit Bambu di Batang Pasaman, Kamis. Penanaman ini merupakan kolaborasi Universitas Andalas dengan Universitas Syiah Kuala dalam rangka membangun nagari tanggap bencana. (robbi irwan)

Sementara itu, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand, Defriman Djafril menyampaikan apresiasi pada Pemkab Pasbar, yang telah memberikan kesempatan pada institusi untuk melakukan kegiatan di Pasbar, terkait peningkatan kapasitas respons masyarakat terhadap bencana banjir.

"Kita berharap kedepannya kerjasama ini terus berlanjut, tidak hanya tanggap bencana di Nagari Aia Gadang, namun juga di daerah lain di Pasbar. Gerakan ini jadi pembuka untuk kerjasama yang berkelanjutan kedepan. Tidak hanya pencegahan bencana, namun juga peningkatan ekonomi masyarakat Pasbar," ungkapnya.

Selanjutnya, Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Dr Mahdi menjelaskan, kegiatan ini dilatarbelakangi kondisi Nagari Aia Gadang sering terkena banjir akibat meluapnya Batang Pasaman.

Baca juga: RAKOR KKN-USR UNBRAH, Rusma Yul Anwar: Ini Momentum Menyatukan Persepsi Bersama UNBRAH, untuk Pembangunan di Pessel

Tujuan kegiatan ini adalah menjadikan Nagari Aia Gadang, sebagai nagari tangguh bencana dengan mengurangi dampak banjir dengan penanaman bibit bambu di sepanjang pinggiran Batang Pasaman, serta meningkatkan ekonomi masyarakat, karena bambu juga memiliki nilai ekonomis yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

"Terimakasih kepada Bapak Wakil Bupati, Perwakilan Rektor Universitas Andalas, Ketua LPPM Universitas Andalas, perangkat nagari, serta seluruh undangan dan pihak yang terlibat dalam gerakan ini," terangnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sebelumnya yaitu Workshop Nagari Tangguh Bencana Banjir, yang digelar di aula kator Wali Nagari Aia Gadang. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari BNPB, BPBD Pasbar, BMKG Minangkabau dan TDMRC USK dan dilanjutkan di hari berikutnya, mengenai Pembinaan BUMNag oleh PSLH Unand.

Mewakili warga setempat, Bustami, menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan yang diselenggarakan oleh tim pengabdian Unand dan Universitas Syiah Kuala. "Terima kasih pada semua pihak penyelenggara, kegiatan ini sangat membantu kami dalam mencegah bencana banjir," ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, Plt Kepala DPMN, Randy Hendrawan, Kadis Kesehatan, Joni Hardi, Camat Pasaman, Misnan, Plt Kepala BPBD, Gustrizal serta stakeholder terkait lainnya. (pl1)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: