IHK Gabungan Dua Kota di Sumatera Barat Alami Deflasi di Agustus 2021

Senin, 06 September 2021, 15:34 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
IHK Gabungan Dua Kota di Sumatera Barat Alami Deflasi di Agustus 2021
Infografis.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Cabai merah tercatat mengalami penurunan harga seiring mulai masuknya masa panen di sentra produksi Cabai Merah di Sumbar seperti Agam dan Solok sementara permintaan cukup stabil. Daging Ayam ras mengalami penurunan harga didukung oleh melimpahnya pasokan dan kestabilan permintaan. Penurunan harga jengkol juga didorong oleh kecukupan pasokan dan normalisasi permintaan pasca HBKN Idul Adha 1442 H.

Sementara itu, deflasi pada kelompok pendidikan didorong oleh penurunan tarif Sekolah Dasar (andil -0,03% mtm) seiring dengan kebijakan dari sekolah, khususnya sekolah dasar swasta untuk menurunkan tarif pendidikan di awal tahun ajaran baru akibat pandemi Covid19.

Sementara itu, kelompok lain tercatat mengalami inflasi yang rendah dan stabil dengan rata-rata andil inflasi kelompok pada Agustus 2021 sebesar 0,00% (mtm) hingga 0,01% (mtm).

Baca juga: Penyesuaian Harga BBM Nonsubsidi, Tahan Tekanan Inflasi di Sumatera Barat pada Januari 2023

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Barat secara aktif melakukan berbagai upaya pengendalian inflasi di daerah terutama dalam rangka menjaga daya beli masyarakat dan mendorong pemulihan ekonomi di tengah Pandemi Covid19.

"Kedepan, diharapkan sinergi dan koordinasi TPID Provinsi, TPID kabupaten/kota di Sumatera Barat dengan pemerintah pusat, dapat terus ditingkatkan dalam rangka pengendalian inflasi daerah terutama di tengah pandemi Covid19 yang masih berlangsung," harap Wahyu. (vry)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: