Padang Gelar Pekan Ekraf Pariwisata

Minggu, 04 Juli 2021, 21:37 WIB | Wisata | Kota Padang
Padang Gelar Pekan Ekraf Pariwisata
Wali Kota Padang, Hendri Septa membuka Pekan Ekonomi Kreatif Pariwisata Padang 2021 di Lantai 1 Plaza Andalas, Sabtu (3/7/2021). (humas)

PADANG (3/7/2021) - Keberadaan ekonomi kreatif (Ekraf) harus mampu jadi penyalur bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ada di Sumatera Barat, khususnya Kota Padang.

Melalui Ekraf ini, diharapkan barang produksi olahan UMKM dapat ditampung dan diminati konsumen. Sehingga, mampu menjadi lokomotiv penggerak ekonomi masyarakat dewasa ini.

"Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan ekonomi kreatif dengan menghandalkan ide-ide serta pengetahuan dari sumber daya manusia (SDM) sebagai sektor produk utamanya," ungkap Wali Kota Padang, Hendri Septa sewaktu membuka Pekan Ekonomi Kreatif Pariwisata Padang 2021 di Lantai 1 Plaza Andalas, Sabtu (3/7/2021).

Kegiatan ini digelar Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Pariwisata, didukung Anggota DPRD Padang, Dewi Susanti dan stakeholder terkait lainnya. Dalam kesempatan itu, juga hadir Ketua TP-PKK Kota Padang, Genny Hendri Septa.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

Hendri Septa mengaku, mengapresiasi dan menyambut baik digelarnya Pekan Ekraf Pariwisata Kota Padang tersebut. Dimana, kegiatan ini di samping ajang silaturrahmi juga memberikan ruang kreatif dan inovasi bagi sesama pelaku ekraf.

"Kegiatan ini diharapkan bisa jadi akses bagi pelaku ekonomi kreatif di Kota Padang dalam pengembangan usaha masyarakat secara berkelanjutan. Semoga, ini dapat memantik pelaku ekonomi kreatif untuk terus berinovasi, sehingga meningkatkan taraf kehidupannya. Secara khusus Ekraf tentu memberikan ruang pertumbuhan sub sektor ekonomi kreatif di Kota Padang," kata Hendri.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pariwisata Padang, Arfian menyebutkan, pelaksanaan kegiatan Pekan Ekraf Pariwisata Kota Padang 2021 bertujuan untuk memberikan peluang pasar yang sangat luas bagi pelaku ekraf untuk memasarkan produk yang dijual. Di samping itu juga memberikan 'out put' kepada para pelaku ekraf dalam melatih cara berkomunikasi kepada konsumen.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dimulai Sabtu hingga Senin (3-5/7/2021). Pesertanya terdiri dari sebanyak 12 kelompok merupakan pelaku ekraf UMKM di Kota Padang. (rls/kyo)

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: