Mahyeldi: IORA Mudahkan Jalinan Kerjasama

Selasa, 01 September 2015, 09:30 WIB | News | Kota Padang
Mahyeldi: IORA Mudahkan Jalinan Kerjasama
Wako Padang, Mahyeldi memberikan keterangan pers pada sejumlah wartawan, Senin (31/8/2015), jelang digelarnya seminar daerah IOLGF, 8-9 September 2015. Seminar ini merupakan iven pemanasan jelang digelarnya KTT Menlu negara yang tergabung dalam IOEA, 20-2
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Pemko Padang merancang iven pemanasan, jelang digelarnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) menteri luar negeri negara-negara yang tergabung dalam Indian Ocean Rim Association (IORA), 20-23 Oktober 2015. Iven berupa seminar tingkat lokal itu, bakal mengundang 70 kabupaten dan kota dalam tajuk Indian Ocean Local Government Forum (IOLGF), pada 8-9 September ini.

"Untuk negara yang begitu luas seperti Indonesia, sangat tepat bila melibatkan pemerintah daerah dalam IORA. Terutama, daerah yang terletak langsung di tepi Samudera Hindia. Terlebih, titik berat pembangunan ada pada daerah sejalan dengan semangat otonomi," ungkap Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo, di rumah dinas, Jl A Yani, Senin (31/8/2015).

Diharapkan Mahyeldi, iven IOLGF diharapkan akan menyemangati daerah, untuk saling bersinergi dan bekerjasama, guna mewujudkan kemerdekaan ekonomi dan meningkatkan kemandirian daerah. Tujuan dibentuknya IOLGF, jelas Mahyeldi, agar semakin kuatnya kerja sama antara Pemda yang berada di tepi Samudera Hindia. (Baca: Seminar IOLGF, Didi: Padang Siap jadi Ketua dan Lokasi Sekretariat)

Sedangkan untuk jangka panjang, bertujuan mendirikan satu pilar baru dalam IORA, yakni pilar Pemerintah Daerah (Local Government-red). Upaya ini guna menopang peran pemerintah pusat dalam melakukan kerjasama regional IORA.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

"Dengan demikian akan memudahkan pemerintah daerah dalam menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah di negara-negara anggota IORA," jelas Mahyeldi seperti dikutip dari siaran pers Pemko Padang.

Dalam IOLGF, urai Mahyeldi, Pemko Padang akan berperan sebagai penghubung, untuk apa saja kepentingan dari 70 pemkab/pemko anggota IOLGF dengan IORA. Baik sektor perdagangan dan investasi, pertukaran budaya, manajemen kebencanaan, pendidikan dan lain-lain. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: