Penjajakan Sister City Padang-Perth Melalui Teleconference

Senin, 31 Agustus 2015, 20:08 WIB | News | Kota Padang
Penjajakan Sister City Padang-Perth Melalui Teleconference
Akademisi Unand, Prof Helmi (baju putih) memimpin teleconfrence antara Pemko Padang dengan Kota Perth di Australia, Senin (31/8/2015). Telewicara ini menjajaki peluang kerjasama sekaligus sister city. (humas)

VALORAnews -- Penjajakan rencana hubungan bilateral dan sister city, Kota Padang di Indonesia dengan Kota Perth di Australia, dilakukan melalui teleconference. Pembicaraan jarak jauh ini dilakukan juga sekaitan dengan akan digelarnya Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT IORA) di Padang.

Teleconference ini digelar di ruang rapat Kantor Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kota Padang, Jalan Sudirman, Senin (31/8/2015). Dipimpin tiga akademisi, Prof Helmi, Enceria Damanik PhD, DR Sari Lenggogeni serta sejumlah jajaran kerja di lingkup Pemko Padang, sejumlah rencana dibahas.

Sementara, dari Pemerintah Kota Perth, pembicaraan jarak jauh ini dipimpin International Engagement Officer City of Perth Government, Claire Smith.

"Kita membicarakan tentang kemungkinan kerjasama yang erat antara Padang dengan Perth. Ada dua hal kerjasama yang akan dilakukan yakni Sister City dengan saling memperkuat manajemen perkotaan. Kemudian edukasi dan pariwisata," sebut Prof Helmi.

Baca juga: Mahyeldi Ingin Jalin Sister City dengan Medinah, Ini Saran KJRI Jeddah

Selain menjajaki tentang sister city, juga dibicarakan terkait segitiga pertumbuhan ekonomi antara Padang-Perth-Dubai. "Teleconference ini kita lakukan sebagai pertemuan awal, sehingga mereka paham apa yang kita pikirkan. Kita juga bisa mengukur tingkat respon mereka. Dari situ kita tentukan apa tindaklanjutnya," tambah Helmi.

Setelah melakukan teleconference selama sejam lebih, akhirnya terjadi kesepakatan antar kedua kota.

"Dari pembicaraan tadi respon mereka cukup bagus. Kita (Padang-red) sepakat untuk membuat proposal dua kegiatan, pertama kegiatan sister city dan kegiatan untuk mengembangkan segitiga pertumbuhan," terang Helmi, seperti dikutip dari siaran pers Pemko Padang.

Helmi menyebut, dengan terjalinnya sister city dengan Perth, akan dapat diambil banyak manfaat. Dari pertemuan pada KTT IORA pada Oktober nanti, Perth telah sepakat menjalin hubungan yang lebih erat.

Baca juga: Mahyeldi Kunjungi Tamil Nadu untuk Tawarkan Sister City

"Nanti, proposal kita kirim untuk mendapat tanggapan dan seterusnya dikembangkan sehingga terwujud apa yang kita lakukan. Oktober nanti (saat IORA) kita minta feed back, apabila perlu diperbaiki kemudian dikirim kembali," tukuk Helmi.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: