Padang Siap Pertahankan Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara

Selasa, 09 Juli 2019, 18:32 WIB | News | Kota Padang
Padang Siap Pertahankan Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara
Sekda Padang, Amasrul memimpin rapat koordinasi yang digelar Forum Kota Sehat Kota Padang bersama unsur terkait di Gedung KNPI Sumbar, Selasa (9/7/2019). (humas)

VALORAnews - Kota Padang bertekad mempertahankan penghargaan Kota Sehat tingkat nasional kategori tertinggi "Swasti Saba Wistara" untuk yang kelima kalinya di tahun ini.

Hal itu mengemuka dalam rapat koordinasi yang digelar Forum Kota Sehat Kota Padang bersama unsur terkait di Gedung KNPI Sumbar, Selasa (9/7/2019). Di kesempatan itu, juga tengah dilakukan penggalangan komitmen bersama mendukung stop buang air besar sembarangan (SBS) di seluruh wilayah Kota Padang yang ditandatangani sebanyak 11 camat se-Kota Padang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Padang, Amasrul sewaktu membuka kegiatan menyampaikan, dalam mempertahankan penghargaan kota sehat tertinggi tersebut, sangat diminta keseriusan Forum Kota Sehat Kota Padang bersama OPD terkait dan stakeholder lainnya untuk memantapkan kesiapan segala sesuatu yang berkaitan dengan 9 indikator penilaian.

"Terlebih, bagaimana kita semua dan juga masyarakat mempertahankan komitmen yang telah disepakati, dalam menjaga Kota Padang sebagai kota sehat, kehidupan sehat dan masyarakat yang sehat," ujarnya.

Baca juga: Padang Panjang Raih Swasti Saba Wistara yang Ketujuh, Satu-satunya di Pulau Sumatera

Amasrul menyebutkan, beberapa hal yang berkaitan dengan persyaratan penilaian yang harus dilakukan antara lain seperti melengkapi bahan-bahan yang harus disiapkan terkait dengan kawasan yang akan dinilai. Seperti kawasan pemukiman dan sarana prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan kehidupan sosial yang sehat.

"Sementara, kriteria wajib yang harus dipenuhi yakni menjadikan 100 persen penduduk Kota Padang harus akses stop buang air besar sembarangan atau jamban sehat. Ini indikator utama pada penilaian kali ini, maka untuk itu diharapkan tidak ada lagi masyarakat Kota Padang yang buang air besar di tempat terbuka seperti di sungai, kebun, pantai dan semak-semak," harapnya.

"Ini akan menjadi tahun kelima jika Padang mendapatkan lagi Swasti Saba Wistara di tahun ini. Semoga kita dapat meraihnya," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Forum Kota Sehat Kota Padang, Rukayah Anwar mengaku optimistis, Kota Padang bisa mendapatkan Swasti Saba Wistara Emas yang kelima kalinya di 2019 ini. Dimana penghargaan tertinggi kota sehat ini sudah empat kali diterima Kota Padang mulai 2007, 2013, 2015 dan terakhir 2017. Penilaiannya dilakukan setiap dua tahun di tahun ganjil.

Baca juga: Padang Panjang Raih Swasti Saba Wistara yang Keenam secara Berturut-turut

"Melihat persiapan sejauh ini, kami optimistis menatap Swasti Saba Wistara kelima. Kita harapkan verifikasi dokumen yang sudah sampai ke tingkat pusat dapat berjalan lancar. Sehingga setelah itu barulah tim penilai dari pusat akan melakukan penilaian langsung ke Padang. Biasanya penghargaan ini akan diserahkan bertepatan peringatan Hari Kesehatan Nasional," kata Rukayah.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: