TNI Hibahkan Tank Operasi Trikora untuk Kota Padang

Jumat, 21 Juni 2019, 14:18 WIB | News | Kota Padang
TNI Hibahkan Tank Operasi Trikora untuk Kota Padang
Wako Padang, Mahyeldi bersama Danyon Kavaleri 6/Naga Karimata, Mayor Kav Jackie Yudha dan Dandim 0312/Padang, Letkol Czi Rielman Yudha menaiki tank yang digunakan pada Operasi Trikora, saat berkunjung ke Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata, Kota Medan, Suma
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Tank ini mulai diproduksi massal pada periode 1952-1987 yang saat ini tersebar dan digunakan oleh beberapa negara di dunia. Spesifikasinya berat lebih kurang 13 ton memiliki kemampuan menanjak 31 derajat, melangkah parit 1,6 meter dan mengarung sejauh 0,6 meter. Tank ini mulai masuk ke Indonesia pada 1962 dan telah berjasa dalam berbagai pertempuran," jelas Mayor Jackie Yudha.

Dijelaskannya, beberapa pertempuran yang pernah menggunakan jasa tank ini selain Operasi Trikora pada 1961 hingga 1962 di wilayah Papua bagian barat juga Operasi Seroja pada 1976 di wilayah Timor Timur. Selain itu juga pada Operasi Militer Aceh pada 2001-2003 di wilayah Aceh.

"Kita berharap Pemko Padang bersama Dandim 0312/Padang di bawah arahan Danrem 032/Wirabaraja dapat menjaga keutuhan tank ini setiba di Padang nantinya," imbuhnya.

Baca juga: Mahyeldi Lantik 9 Pjs Bupati dan Wali Kota, Audy Joinaldy Ditunjuk jadi Plt Gubernur Hingga 25 November

Dandim 0312/Padang, Letkol Czi Rielman Yudha hadir kesempatan itu juga mengatakan penerimaan tank ini bagi Kota Padang berawal upaya dari Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo yang meminta kepada Pangdam I/Bukit Barisan, agar untuk wilayah Sumatera Barat dapat dialokasikan sebuah tank yang sudah tidak digunakan lagi oleh Kodam I/BB yang rencananya akan dihapuskan dan dikembalikan ke Jakarta.

"Alhamdulillah, upaya Danrem WBR berhasil, dari beberapa tank yang akan dihapuskan, Korem 032/WB mendapatkan satu unit tank. Setelah itu ditawarkan kepada Kepala Daerah yang ada di Sumatera Barat, dan yang menanggapi pertama kali adalah Walikota Padang Mahyeldi," ungkapnya.

"Kita bersyukur, Danrem menyetujui tank tersebut diberikan ke Kota Padang. Insyaa Allah dalam waktu dekat kita akan membawanya," tuturnya. (rls/vry)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024