Partai Gerindra Kuasai 9 dari 45 Kursi DPRD Agam, Disusul PKS, Demokrat dan PAN

Rabu, 15 Mei 2019, 15:44 WIB | Wisata | Kab. Agam
Partai Gerindra Kuasai 9 dari 45 Kursi DPRD Agam, Disusul PKS, Demokrat dan PAN
Ketua KPU Agam, Riko Antoni bersama empat orang komisioner lainnya, membacakan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Agam di tingkat provinsi yang digelar KPU Sumbar di Pangeran Beach Hotel, 10 Mei 2019 lalu. (istimewa)

VALORAnews -- Partai Gerindra berhasil jadi pemenang pemilu 2019 tingkat Kabupaten Agam, Sumbar dengan raihan 9 kursi. Sementara, PKS dan Partai Demokrat berbagi sama banyak, 7 kursi. Kemudian, disusul PAN dengan 6 kursi.

Dengan jumlah anggota dewan sebanyak 45 orang, maka Partai Gerindra, PKS, Partai Demokrat dan PAN, kadernya otomatis akan duduk jadi unsur pimpinan dewan masa jabatan 2019-2024.

Perkiraan perolehan suara dan kursi yang dihitung http://valora.co.id ini, sumber datanya merujuk hasil rekapitulasi hasil penghitungan suara 16 partai politik peserta Pemilu 2019 yang dituntaskan KPU Agam, pekan lalu.

Selanjutnya, Partai Golkar dan PPP sama-sama berhasil mengoleksi 5 kursi. Lalu, Partai Nasdem dan PBB, juga sama-sama dapat 2 kursi serta satu kursi masing-masing didapat Partai Berkarya dan Partai Hanura.

Baca juga: Pemilu 2024; Partainya Marfendi Kalahkan Partai yang Dipimpin Erman Safar dan Ramlan Nurmatias

Sembilan kursi dari Partai Gerindra itu berasal dari Dapil 1, 2 dan 6, masing-masingnya 1 kursi. Sedangkan Dapil Agam 3, 4 dan 5, berkontribusi menyumbangkan 2 kursi.

Sebanyak tujuh kursi yang didapat PKS dan Partai Demokrat, Dapil Agam 5 sama-sama menyumbang 2 kursi. Lima kursi sisanya, masing-masing berasal dari Dapil Agam 1, 2, 3, 4 dan 6.

PAN dengan koleksi 6 kursi, 1 kursinya berasal dari masing-masing Dapil yang ada di Luhak Agam ini. Sedangkan 5 kursi yang didapat Partai Golkar berasal Dapil Agam 1, 2, 3, 4 dan 5. Sebanyak 5 kursi yang dimiliki PPP, berasal dari Dapil Agam 1, 2, 4, 5 dan 6.

PBB dengan koleksi 2 kursi disumbang dari Dapil Agam 1 dan 4. Sedangkan dua kursi Partai Nasdem berasal dari Dapil Agam 3 dan 4.

Baca juga: Pemilu 2024; Partai Golkar Kalahkan Partainya Wako dan Wawako di Dapil Kota Solok I, Ini Komposisinya

Partai Berkarya dan Partai Hanura, merupakan partai yang sama-sama berhasil meraih satu kursi serta sama-sama berasal dari Dapil Agam 1 pula.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: