Golkar, PPP dan PDI-P Diprediksi Hanya Dapat 1 Kursi di DPRD Padang

Jumat, 19 April 2019, 21:12 WIB | News | Kota Padang
Golkar, PPP dan PDI-P Diprediksi Hanya Dapat 1 Kursi di DPRD Padang
Direktur Eksekutif Sumatera Barat Leadership Forum (SBLF), Edo Andrefson. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Akumulasi perolehan suara keempat partai ini mencapai angka 42 kursi. Keempatnya bakal duduk jadi unsur pimpinan dewan," tambah Edo yang juga Korwil Sumbar-Jambi di Poltracking Indonesia.

Metode Sainte Lague ini diperkenalkan seorang matematikawan asal Perancis, Andre Sainte Lague pada 1910. Di Indonesia, metode penghitungan suara ini disahkan pada 21 Juli di DPR RI seiring disetujuinya UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Pasal 414 Ayat 1 UU 7/2017 menyebutkan, partai politik harus memenuhi ambang batas parlemen sebanyak 4 persen dari jumlah suara sah secara nasional. Sesudah partai memenuhi ambang batas parlemen, langkah selanjutnya adalah menggunakan metode Sainte Lague untuk mengkonversi suara jadi kursi di DPR (Pasal 415 Ayat 2) yang memiliki bilangan pembagi (konstanta) ganjil yakni 1, 3, 5, 7 dan seterusnya.

Baca juga: DPRD Padang Sahkan Peraturan Tata Tertib dan 4 Pimpinan Defenitif

Karena ini hanya perkiraan, publik diharapkan tetap menunggu rekapitulasi penghitungan suara secara berjenjang yang telah mulai dilakukan KPU Padang di 11 kecamatan yang ada di Padang pada hari ini. Menurut Edo, perkiraan penghitungan ini dilakukannya, sebagai upaya menjawab kebutuhan publik akan hasil pemilu 2019. (kyo)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: