Penas Tani XVI, Mahyeldi: Rumah Penduduk Dijadikan 'Hotel' Peserta, Dibantu Rp15 Juta

Jumat, 25 Januari 2019, 18:26 WIB | News | Kota Padang
Penas Tani XVI, Mahyeldi: Rumah Penduduk Dijadikan 'Hotel' Peserta, Dibantu Rp15 Juta
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit memimpin rapat teknis pembahasan persiapan kegiatan Penas Tani KTNA XVI di ruang rapat Abu Bakar Ja'ar Balaikota Padang, Jumat (25/1/2019).

VALORAnews - Pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) Tani, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI, akan digelar pada 20-25 Juni 2020 di Kota Padang. Perkiraan peserta dari seluruh Indonesia yang akan hadir lebih kurang 60.000 orang.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit seusai rapat teknis pembahasan persiapan kegiatan Penas Tani KTNA XVI di ruang rapat Abu Bakar Ja'ar Balaikota Padang, Jumat (25/1/2019).

"Hasil pembicaraan, Pemprov Sumbar akan membantu pelaksanaan Penas Tani XVI ini melalui dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Dimana saat ini pemko Padang telah menyediakan anggaran lebih kurang Rp21 miliar," ungkap Nasrul Abit.

Hadir dalam rapat itu, Walikota Padang, Mahyeldi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sumbar, Beny Warlis, Kadis Pertanian, Kadis Pangan, Kadis Pariwisata, Kadis Peternakan, Ka.Bappeda, ketua KTNA Sumbar, serta OPD terkait dilingkungan pemko Padang.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Dikatakan, banyak kegiatan yang dilakukan dalam memeriahkan Penas Tani XVI di Padang. Mulai dari penyediaan lahan pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan lain-lain dengan luas lahan lebih kurang 55 Ha.

"Untuk kegiatan penyelenggaraan pembukaan dan penutupan, merupakan kegiatan Kementrian Pertanian yang kita bantu memfasilitasinya di daerah. Ada rencana Panitia Pusat akan melakukan kunjungan ke Sumbar pada 13 Februari 2019 untuk memastikan bentuk agenda kegiatan, sarana prasarana yang dibutuhkan serta pembagian tangung jawab kegiatan di lapangan," terangnya.

"Untuk itu, kepada OPD terkait agar menyiapkan data-data informasi yang akurat, soal jumlah kamar hotel, perusahaan kenderaan, tranportasi serta hal-hal lain yang nanti akan kita bicarakan secara terpadu," ujarnya.

Nasrul Abit menyampaikan, ada 7 agenda nasional yang akan diselenggarakan di provinsi Sumatera Barat sepanjang 2019 ini. Karena itu, kebutuhan yang amat prioritas, agar dimasukan dalam perubahan APBD Sumbar 2019 ini.

Baca juga: Bencana Lahar Dingin Sumbar, BSI Bantu Rp200 Juta, Apical Grup Distribusikan 6 Ton Minyak Goreng

Antara lain agenda nasional di Sumbar, Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-28 di Padang, Penas Tani, Porwil, seleksi PON, TdS 2020.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: