Berebut Tiket Poros Baru

*Syaharman Zanhar

Minggu, 09 Agustus 2020 | Opini
Berebut Tiket Poros Baru
Syaharman Zanhar - Mantan Wartawan

Menjelang akan berakhir masa pendaftaran saat itu, dikabarkan Shadiq bersedia menjadi Calon Wagub dari Bacagub Muslim Kasim, namun akhirnya yang diantar ke KPU pasangan Bacagub Muslim Kasim dengan Fauzi Bahar yang tidak mampu mengalahkan pasangan pesaingnya, Irwan Prayitno dan Nasrul Abit.

Pendaftaran Bacagub Poros Baru telah ditutup. Pertanyaannya, siapa yang akan diusung oleh koalisi Partai Golkar, Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa ini. Bola masih menggeleinding. Para petinggi ketiga partai itu sedang berunding, mencari kader terbaik pemimpin Sumatera Barat. Insyaa Allah, lima hari kedepan, segera diumumkan dan akan diusung mendaftar ke KPU Sumbar.

Jika Poros Baru telah menetapkan Bakal Calonnya tersebut, tentunya akan segera deklarasi atas nama Poros Baru selanjutnya akan "diadu kemampuannya meyakinkan pemilih --yang notabene adalah warga masyarakat di gelanggang Pilkada Serentak di Sumatera Barat.

Jagoan poros baru akan bertemu di gelanggang dengan pasangan yang diusung oleh PKS-PPP, H Mahyeldi Ansharullah dengan Audy Joinaldi. Pasangan Cagub dari Partai Gerindra Drs. Nasrul Abit dengan DR Ir Indra Catri Msi dan pasangan Cagub dari Partai Demokrat- PAN, Ir Mulyadi dengan H Ali Mukhni.

Apa Yang Kau Cari Donny Oskaria

Sosok ini adalah orang muda dan anak rantau kebanggaan orang Minang. Donny Oskaria, lelaki berpostur sedang ini sejak beberapa tahun belakangan sering muncul dihadapan publik Sumbar, terutama pelaku usaha, anak muda dan perguruan tinggi.

Dalam sekejap, Donny Oskaria, Putera Tanjung Alam Tanahdatar ini cepat dikenal namanya. Bahkan, ketika jadi pembicara dalam diskusi Jaringan Pimred Sumbar (JPS) di Jakarta beberapa waktu lalu, Donny Oskaria juga membahas persoalan kepemimpinan Sumatera Barat.

Ia menyebut beberapa solusi untuk percepatan pembangunan dan bahkan katanya sudah berkali kali membawa calon investor ke Sumbar, tetapi kelemahan adalah kita tidak memiliki data yang detail yang dibutuhkan kaitannya dengan potensi Sumbar itu sendiri. Donny juga mengungkap beberapa kelemahan lain, sehingga Sumbar selalu saja tertinggal.

Lalu bagaimana dengan rencana pencalonannya jadi gubernur Sumbar?

Beberapa kalangan berpendapat bahwa yang dibutuhkan Sumbar saat ini adalah orang orang seperti Dony Oskaria. Cerdas, orangnya mencair, enak diajak diskusi, memiliki pandangan yang jauh kedepan, visi ekonominya jelas, memang betul-betul seorang profesional dibidangnya.

Akan tetapi, beberapa kalangan lain berpendapat dan mempertaanyakan. Apa Yang kau Cari Donny Oskaria dengan jadi Gubernur di Sumatera Barat.

Halaman:

*Mantan Wartawan

Bagikan:
Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed.

Tanggulangi Stunting dengan Edukasi Gizi dan PMT Pangan...

Opini - 03 Mei 2024

Oleh: Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed

Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Kesenjangan Pelayanan Kanker: Tantangan dan Harapan

Opini - 01 Mei 2024

Oleh: Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Muhammad Fadli.
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

Opini - 08 Maret 2024

Oleh: Dr Hary Efendi Iskandar

Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar