Tzedakah adalah Ciri Khas Tradisi Yahudi

*Emeraldy Chatra

Minggu, 09 April 2023 | Opini
Tzedakah adalah Ciri Khas Tradisi Yahudi

Cita-cita pemberian Yahudi adalah bahwa seseorang harus berusaha untuk menjadi orang yang esensinya adalah kebaikan.

Mungkin kita dapat menemukan jawaban atas kedua pertanyaan tersebut dalam aspek menarik dari hukum amal Yahudi. Katakanlah Anda memiliki 100 dolar yang ingin Anda berikan kepada yang membutuhkan.

Apakah lebih baik untuk memberikan seluruh jumlah kepada individu yang membutuhkan? Atau apakah lebih baik untuk memecahnya menjadi jumlah yang lebih kecil, dengan mengalokasikan, katakanlah, 10 dolar untuk 10 donasi?

Tradisi Yahudi mengajarkan bahwa lebih baik memberi banyak uang kecil daripada satu uang besar. Alasannya adalah dengan melakukan itu seseorang membiasakan diri untuk memberi.

Cita-cita memberi orang Yahudi adalah bahwa tidak cukup hanya melakukan kebaikan; seseorang harus berusaha untuk menjadi orang yang esensinya adalah kebaikan.

Cita-cita yang sama ini adalah kunci pernyataan misterius tentang memikirkan perbuatan baik saat akan tidur. Untuk orang seperti apa yang memiliki pemikiran seperti itu dalam privasi kamar tidurnya di penghujung hari?

Hanya seseorang yang benar-benar peduli pada orang lain; seseorang yang peduli adalah bagian penting dari dirinya. Orang seperti itu pantas mendapatkan Gan Eden -- apakah dia berhasil atau tidak dalam menjalankan rencana tertentu untuk membantu seseorang -- karena itulah seluruh hidupnya.

Dan ini menjelaskan pintu masuk keempat ke penginapan Abraham. Abraham mencontohkan apa artinya menjalani kehidupan Yahudi.

Dia memberi kepada orang lain dengan segala cara yang penting. Pintu masuk ke penginapannya melambangkan bentuk pemberiannya.

Tiga pintu masuk sesuai dengan tiga dimensi memberi yang dijelaskan di atas. Tetapi Abraham melampaui itu.

Dia mencapai dimensi keempat dari memberi -- dia sendiri dijiwai dengan sifat memberi. Dia bukan hanya orang yang memberi; dia pada hakikatnya adalah seorang pemberi.

Halaman:

*Terjemahan A History of the Jewish

Bagikan:
Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Kesenjangan Pelayanan Kanker: Tantangan dan Harapan

Opini - 01 Mei 2024

Oleh: Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Muhammad Fadli.
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

Opini - 08 Maret 2024

Oleh: Dr Hary Efendi Iskandar

Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar

Nadia Maharani.

Kejahatan Berbahasa di Dirty Vote

Opini - 13 Februari 2024

Oleh: Nadia Maharani