Tzedakah adalah Ciri Khas Tradisi Yahudi

*Emeraldy Chatra

Minggu, 09 April 2023 | Opini
Tzedakah adalah Ciri Khas Tradisi Yahudi

Kategori ketiga adalah kebijaksanaan. Berbagi pengetahuan dan pemahaman dengan orang lain adalah kebaikan yang besar dan bagian penting dari tradisi Yahudi.

Manifestasi yang paling umum adalah mengajar; tetapi Anda tidak harus berdiri di depan kelas untuk membagikan apa yang Anda ketahui.

Memberi nasihat adalah cara lain. Ini dapat berupa penasihat dalam masalah medis, bisnis atau hukum, bidang yang membutuhkan keahlian khusus.

Tetapi ada gudang besar informasi berguna dalam pengalaman kita sehari-hari. Seorang teman saya mengubah dirinya menjadi pusat informasi berjalan dengan secara cermat mencatat di buku catatan kecil semua nama, nomor, dan rute bus, kereta api, taksi, dan hampir semua hal lain yang perlu Anda ketahui untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain.

Dimensi Keempat Memberi

Abraham unggul dalam ketiga kategori kemurahan hati. Dia menggunakan kekayaannya untuk mengakomodasi para musafir (Kejadian 21:33).

Dia mempertaruhkan keselamatan fisiknya sendiri untuk menyelamatkan keponakannya, Lot, yang telah diculik.

Dengan kebijaksanaannya, dia membawa firman Tuhan ke dunia paganisme, berbagi visi monoteistiknya dengan semua orang yang mau mendengarkan.

Namun, penginapan Abraham memiliki empat pintu masuk. Tiga pintu masuk dapat dikatakan mewakili tiga dimensi memberi yang telah kami uraikan. Apa pentingnya pintu masuk keempat?

Sebelum menyarankan jawaban, mari kita pertimbangkan pernyataan lain dari orang bijak yang memerlukan pengawasan: "Siapa pun yang pergi tidur dan berpikir, 'Besok saya akan bangun dan melakukan kebaikan untuk ini-dan-itu,' ditakdirkan untuk bersukacita dengan benar di Gan Eden" (Midrash Mishlei 12).

Tentu saja, itu pemikiran yang bagus. Tetapi mengapa hadiahnya harus begitu besar? Dan tersirat bahwa kehidupan kekal adalah miliknya hanya untuk pikiran, bahkan jika tidak ada yang datang darinya!

Halaman:

*Terjemahan A History of the Jewish

Bagikan:
Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Kesenjangan Pelayanan Kanker: Tantangan dan Harapan

Opini - 01 Mei 2024

Oleh: Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Muhammad Fadli.
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

Opini - 08 Maret 2024

Oleh: Dr Hary Efendi Iskandar

Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar

Nadia Maharani.

Kejahatan Berbahasa di Dirty Vote

Opini - 13 Februari 2024

Oleh: Nadia Maharani