Problematika Penelitian Filologi dari Perspektif Edisi dan Kajian Teks

*Putri Ayuni

Rabu, 05 April 2023 | Opini
Problematika Penelitian Filologi dari Perspektif Edisi dan Kajian Teks
Putri Ayuni - Mahasiswa Sastra Minangkabau FIB Unand

Teks yang sudah dibersihkan dari kesalahan-kesalahan dan telah tersusun kembali seperti semula, merupakan teks yang dapat dipertanggungjawabkan sebagai sumber untuk kepentingan berbagai penelitian dalam bidang-bidang ilmu lain.

Seseorang penyunting teks secara filologis, ibaratnya adalah seseorang dokter ahli radiologi dalam kajian teks ini memakai berberapa langkah atau metode pembagian teks supaya hasil teks sempurna dan mudah dipahami oleh para pembaca teks serta peneliti yang menggunakan metode radiotologi ini memiliki pengkajian yang sah dan dapat ditelaah serta diterbitkan lagi dalam khalayak umum.

Para ahli radiologi memiliki tahap demi tahap untuk mencari tahap yang benar, adapun tahapan yang di lalui adalah.

1. Edisi teks dan kritik teks

Edisi teks atau sering dikenal dengan suntingan teks adalah (upaya) menyusun suatu teks secara utuh setelah pemurnian teks terhadap suatu naskah. Permunian teks adalah uapaya untuk melakukan suatu teks yang dilakukan dalam sebuah transliterasi yang akan diteliti melalui penyusunan teks dalam bentuk kritik teks.

2. Pengembangan penelitian filologi

Metode pengembangan ini sangat bersangkutan dengan metode penelusuran yang ada dalam kajian teks yang menyakut dalam problematika yang ada dalam teks tersebut misalnya, teks itu tidak bisa di telusuri lagi atau di perbaiki lagi.

Dan melalui metode literal serta melakukan pengembangan terhadap suatu kajian teks yang ditelusuri dari setiap peneliti melalui garapan cakupan naskah yang diperoleh oleh suatu naskah lama ke naskah baru.

3. Skema edisi teks dan kajian teks

Dalam metode skema edisi teks dan kajian teks ini memiliki beberapa rangkaian atau struktur dalam pembuatan teks ini dalam artikel yang sebelumnya saya baca yang dari penulis sebelumnya menyampaikan bahwa ada berbagai kriteria dalam penyusunan skema edisi teks tersebut sebagai berikut.

Pengantar edisi teks mencangkup Pendahuluan. Seperangkat unsur pendahuluan yang lazim bagi suatu penelitian mencakupi latar belakang masalah, rumusan masalah, landasan teori, tujuan penelitian dan sebagainya serta inti edisi teks adalah deskripsi naskah.

Halaman:

*Mahasiswa Sastra Minangkabau FIB Unand

Bagikan:
Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Kesenjangan Pelayanan Kanker: Tantangan dan Harapan

Opini - 01 Mei 2024

Oleh: Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Muhammad Fadli.
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

Opini - 08 Maret 2024

Oleh: Dr Hary Efendi Iskandar

Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar

Nadia Maharani.

Kejahatan Berbahasa di Dirty Vote

Opini - 13 Februari 2024

Oleh: Nadia Maharani