Liputan Khusus Pilkada Payakumbuh: Saksi Paslon 3 Tak Ikut Teken Berita Acara Rekapitulasi Penghitungan Suara

Selasa, 28 Februari 2017, 19:04 WIB | Kota Payakumbuh
Liputan Khusus Pilkada Payakumbuh: Saksi Paslon 3 Tak Ikut Teken Berita Acara...
Ketua KPU Payakumbuh, Muhammad Khadafi menyerahkan berita acara pleno rekapitulasi penghitungan, penetapan dan pengumuman hasil penghitungan suara pada pemilihan serentak 2017, Kamis (23/2/2017) pada saksi pasangan calon nomor urut 1. (humas)

VALORAnews - Saksi pasangan calon nomor urut 3, Suwandel-Fitrial, Zulherman, menyatakan tak ikut menandatangani berita acara rekapitulasi penghitugan suara tersebut. Menurutnya, sejumlah pelanggaran terjadi pada proses pemilihan maupun di masa tenang.

"Pelanggaran ini merupakan temuan saksi kita yang ada di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS), relawan maupun pengurus partai pendukung," ungkap Zulherman pada pleno terbuka KPU Payakumbuh tentang rekapitulasi, penetapan dan pengumuman hasil penghitungan suara pada pemilihan serentak 2017, Kamis (23/2/2017).

Baca juga: Bupati Pasbar Minta Maaf Usai Tandatangani NPHD Pengamanan Pilkada, Ini Alasannya

Selanjutnya, kata dia, juga ada dugaan praktik politik uang, bagi-bagi beras dan pakaian. "Kita sudah laporkan temuan kita ini ke Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) Payakumbuh," terang Zulherman.

"Sepanjang hal yang disampaikan tadi tidak ada proses tindakalanjutnya, kami tidak dapat menerima dan menolak hasil rapat pleno. Akan tetapi, kami menaati aturan yang ada dalam tatib dan telah dibacakan sebelum rapat," tegas dia.

Baca juga: PILKADA 2024: KERAS OMBAK, Sekretaris Perindo Sumbar Maju di Pilkada Pessel

Sementara, Ketua KPU Payakumbuh, Muhammad Khadafi menyatakan, tak ikut menandatanganinya saksi pasangan calon yang diusung Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, PDI Perjuangan serta Hanura itu, tak memengaruhi tahapan pilkada.

"Proses tetap lanjut. Dalam tempo 3x24 jam setelah pleno ini, pasangan calon yang keberatan bisa mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi," terangnya.

Baca juga: Erman Safar Lirik PPP untuk Nyalon di Pilkada Bukittinggi 2024

Pilkada Payakumbuh ini, diikuti tiga pasangan calon. Suara sah sebesar 57.178, dengan daftar pemilih tetap sebanyak 84.329 orang. Pemilih ini menggunakan hak pilihnya di 210 TPS (tempat pemungutan suara) yang tersebar pada 48 kelurahan di lima kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh.

Perolehan suara pasangan calon nomor urut 1 (jalur perseorangan), Wendra Yunaldi-Ennaidi meraih 11.058 suara atau 19,34 persen. Sementara, pasangan nomor urut 2, Riza Falepi-Erwin Yunaz (diusung PKS, Partai Gerindra dan PBB), meraih suara sebanyak .946 suara (43,63 persen).

Baca juga: Resah dengan Angka Kemiskinan Pessel, Angga Azkardha: Insya Allah Siap Ikut Kontestasi Pilkada 2024

Sedangkan paslon nomor urut 3, Suwendel Muchktar-Fitrial Bachri (Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, PDI Perjuangan dan Hanura), meraup suara pemilih sebanyak 21.114 suara atau 36,93 persen. (kyo/adv)

Editor: Mangindo Kayo

Bagikan: