Mahasiswa Asal Palembayan Gelar MTQ II

Minggu, 12 Juli 2015, 23:36 WIB | Wisata | Kab. Agam
Mahasiswa Asal Palembayan Gelar MTQ II
Ikatan Mahasiswa Palembayan (IKMP) Kota Padang bekerja sama dengan masyarakat Kacamatan Palembayan, Kabupaten Agam, mengadakan MTQ ke-2 dan serangkaian acara lainnya yang berpusat di Masjid Raya Tantaman Palembayan, Sabtu (11/7/2015). (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ikatan Mahasiswa Palembayan (IKMP) Kota Padang bekerja sama dengan masyarakat Kacamatan Palembayan, Kabupaten Agam, mengadakan MTQ ke-2 dan serangkaian acara lainnya yang berpusat di Masjid Raya Tantaman Palembayan, Sabtu (11/7/2015). Kegiatan yang digagas IKMP ini, sekaligus untuk menumbuhkan dan memupuk cinta baca al Quran pada generasi muda.

Ketua IKMP Kota Padang, Nita Yeni Asmara mengatakan, MTQ II tingkat Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam ini, merupakan bentuk pengabdian mahasiswa terutama yang berasal dari Palembayan, di tengah-tengah masyarakat.

"Kegiatan ini bisa kami laksanakan berkat kerja keras dan kerjasama kawan-kawan mahasiswa bersama masyarakat," ujar mahasiswa UNP ini, Minggu (12/7/2015).

Adapun acara yang digelar di antaranya, lomba baca al Quran pada tingkat anak-anak dan remaja, lomba tilawah dan pidato pada tingkat anak-anak dan remaja. Untuk peserta sendiri berasal dari sembilan perwakilan masjid yang ada di Palembayan, dengan mengutus dua orang dari masing-masing lomba.

Baca juga: Bupati Agam Lepas Pemenang MTQ dan MHQ untuk Umrah

Dikatakan Nita Yeni, ajang lomba ini akan membiasakan diri setiap insan, untuk membaca al Quran, yang dimulai sejak dini sejak usia anak-anak, dan remaja. Sehingga pada usia dewasa nanti, membaca al Quran sudah menjadi kebutuhan bagi masing-masing pribadi.

Ia juga berharap, tidak hanya sebatas membaca al Quran saja, melainkan juga harus dilanjutkan dengan memaknai dan memahami arti dan pesan yang tersimpan dalam setiap ayat.

"Tujuan kita mengadakan lomba tilawah, pidato pada tngkat anak-anak, juga untuk menumbuhkan dan memupuk kepercayaan diri sejak usia dini. Karena dengan beraninya generasi muda untuk tampil di muka umum, akan membuat mereka tumbuh menjadi manusia yang mempunyai percaya diri yang bagus dan punya sikap untuk lingkungan sekitarnya," ulasnya.

Sementara, Ketua Panitia, Bella Novita Sari menjelaskan, MTQ ini dilaksanakan juga dalam rangka memperingati Nuzul Quran.

Baca juga: Kafilah MTQ VII Korpri Pasbar Menangi 4 Cabang Lomba

"Harapannya dengan acara MTQ ini, dapat menunjang generasi muda lebih giat lagi belajar al Quran dan juga mendalami ilmu agama," pungkasnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: