12 Puskesmas di Agam Disurvei Tim Akreditasi

Jumat, 04 Agustus 2017, 10:07 WIB | Wisata | Kab. Agam
12 Puskesmas di Agam Disurvei Tim Akreditasi
Bupati Agam, Indra Catri berdialog dengan paramedis di RSUD Lubukbasung, beberapa waktu lalu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pemkab Agam, , menargetkan 12 unit puskesmas diakreditasi selama 2017 ini. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat.

"Ke-12 puskesmas yang kita usulkan diakreditasi untuk tahun ini, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan administrasi Puskesmas semakin baik," kata Kepala Dinas Kesehatan Agam, dr H Indra, didampingi Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Indra Ramli, di Lubukbasung, Kamis (3/8/2017).

Dijelaskannya, survei oleh Tim Akreditasi sudah dimulai pada pekan kedua Juli 2017 di Puskesmas Sungai Pua, Puskesmas Batu Kambing dan Puskesmas Tiku. Sementara, pada pekan ketiga Juli 2017 survei dilaksanakan ke Puskesmas Pakan Kamis dan Puskesmas Lasi.

"Pada Agustus 2017, survei akan dilanjutkan ke Puskesmas Maninjau dan Pasar Ahad. Berikutnya untuk Puskesmas Koto Alam, IV Koto dan Padang Lua akan disurvei pada September 2017. Kemudian dua puskesmas lagi yaitu Manggopoh dan Magek, akan disurvei pada Oktober 2017," ujarnya.

Baca juga: Gafnel Dt Basa Pimpin FKDT Agam, Ini Pesan Bupati

Pada 2016, ada 4 puskesmas yang telah mengikuti proses akreditasi, yaitu Puskesmas Lubukbasung, Puskesmas Biaro, Puskesmas Matur, dan Puskesmas Baso.

Akreditasi ini dilakukan bagi ke-16 puskesmas yang tersebar di 16 kecamatan itu, diharapkan mampu menyelenggarakan pelayanan kesehatan sesuai standar prosedur yang berlaku, efektif, efisien dan diakui. Pada 2018, direncanakan tujuh puskesmas lagi terkareditasi.

Akreditasi terhadap puskesmas, menurutnya sangat penting, sebab dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat.

Ia juga berharap, seluruh masyarakat dapat mendukung suksesnya pelaksanaan akreditasi, sebab bertujuan untuk kesejahteraan bersama.

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

"Program ini konsisten dilaksanakan pemerintah, untuk menopang kemajuan masyarakat di daerah," uajrnya. (rls/ham)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: