250 Glider Ramaikan Trip Of Indonesia II di Puncak Lawang

Rabu, 19 April 2017, 08:37 WIB | Wisata | Kab. Agam
250 Glider Ramaikan Trip Of Indonesia II di Puncak Lawang
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Hadi Suryadi memimpin rapat persiapan Paragliding Trip of Indonesia, di aula Dinas Kesehatan Agam, Selasa (18/4/2017). (humas)

VALORAnews - Sebanyak 250 glider akan mengikuti ParaglidingTrip of Indonesia (TROI) atau Lomba Paralayang Internasional yang digelar di Objek Wisata Puncak Lawang, Kabupaten Agam, 5-8 Mei 2017. Iven itu direncanakan dibuka Wakil Gubernur Sumatera Barat, H Nasrul Abit.

"Ke 250 peserta paralayang ini berasal dari Sumatera Barat, Jawa dan mancanegara," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Hadi Suryadi pada rapat persiapan di aula Dinas Kesehatan Agam, Selasa (18/4/2017).

Iven TROI yang digelar di Puncak Lawang ini, merupakan yang kedua dilaksanakan di Indonesia. Iven perdana dilaksanakan di Majalengka, Jawa Barat. Iven ini berdasarkan surat FASI dan PGPI Pusat No: 003/FASI/Bid-Para/I/2017 tanggal 17 Januari 2017, perihal Penunjukan Daerah Pelaksana TROI 2017.

Kemudian, berdasarkan surat Kementerian Pemuda dan Olahraga No 0117/D.III/3/2017, tanggal 29 Maret 2017 tentang Penyelenggaraan Lomba TROI 2017. "Lomba ini akan mempertandingkan enam kategori," katanya.

Baca juga: Setelah 6 Hari, Pencarian Korban Longsor di Sungai Pua Libatkan 2 Anjing Pelacak

Sementara, Kaunatelirga Lanud Sutan Sjahrir, Padang, Lettu Let Harri Hargadi mengharapkan, peserta yang mengikuti ivent ini dapat diberikan asuransi jiwa, karena kegiatan AERO Sport ini sangat menantang dan penuh bahaya.

"Kami juga mempersiapkan foto satelit terkait dengan kondisi cuaca tiga hari sebelum lomba digelar," katanya.

Pengurus Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Sumbar Bidang Paralayang dan Gantole, Jambur mengharapkan, Puncak Lawang sebagai lokasi take-off paralayang, bisa dikembangkan lagi karena di Sumatera Barat potensi yang bagus itu berada di Kabupaten Agam.

"Kita mengetahui setiap dilakukan iven paralayang di Indonesia, glider Sumatera Barat selalu naik podium. Ini jadi perhatian oleh daerah lainnya di Indonesia," katanya.

Baca juga: Korban Banjir Bandang di Agam Butuhkan Air Bersih, Toilet dan Perbaikan Infrastruktur, Ini Kata Kemenpupr

Rapat persiapan itu dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi, Mulyadi, Forkopimda, OPD Pemkab Agam, para camat, walinagari dan undangan lainnya. (rls/ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: