Pemkab Agam Rancang Pelatihan untuk 50 Da'i

Selasa, 14 Februari 2017, 09:53 WIB | Wisata | Kab. Agam
Pemkab Agam Rancang Pelatihan untuk 50 Da'i
Bupati Agam, Indra Catri saat beramah tamah dengan santri pondok pesantren yang ada di daerah itu, beberapa waktu lalu. (humas)

VALORAnews - Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setkab Agam, Zainal Muttaqin mengungkapkan, akan melakukan pelatihan pengkaderan ulama bagi 50 orang peserta di 16 kecamatan yang ada di daerah itu.

"Masing-masing kecamatan, mengirimkan tiga orang peserta ditambah dua orang dari Pemkab Agam. Kegiatan ini telah dianggarkan pada APBD Agam 2017," ungkap Zainal didampingi Yosman (Kasubag Agama), Senin (13/2/2017) di Lubukbasung.

Kegiatan ini, terangnya, merupakan salah satu upaya Pemkab dalam melakukan pengkaderan ulama. Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sekaligus mengantisipasi kelangkaan ulama di Kabupaten Agam maupun di Sumatera Barat.

"Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Agam. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan Pemkab Agam. Tahun lalu juga diikuti 50 peserta," terangnya.

Baca juga: Korban Banjir Bandang di Agam Butuhkan Air Bersih, Toilet dan Perbaikan Infrastruktur, Ini Kata Kemenpupr

Dengan pengkaderan ini, terang Zainal, diharapkan terjadi peningkatan dan pengoptimalan SDM ulama, sehingga nantinya mampu menjawab berbagai persoalan dan dinamika kehidupan umat secara bijak dan cerdas.

"Peran aktif para ulama di tengah-tengah masyarakat sangat besar. Mereka diharapkan mampu memberikan solusi atas persoalan-persoalan umat, yang senantiasa mengalami pembaharuan," terang dia. (rls/ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: