Input Pembangunan adalah Penduduk, Isman: Segala Aspek harus Dipikirkan

Rabu, 21 Desember 2016, 09:11 WIB | Wisata | Kab. Agam
Input Pembangunan adalah Penduduk, Isman: Segala Aspek harus Dipikirkan
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Agam, Isman Imran, membuka Sosialisasi dan Desiminasi Pembangunan Berwawasan Kependudukan Kabupaeten Agam 2016, di aula kantor bupati setempat, Selasa (20/12/2016). (humas)

VALORAnews - Kesejahteraan dapat ditandai dengan meningkatnya angka pertumbuhan ekonomi dan indeks pembangunan manusia, serta terpenuhinya sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan, ekonomi, agama dan kesejahteraan sosial lainnya.

Demikian disampaikan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Agam, Isman Imran, saat membuka Sosialisasi dan Desiminasi Pembangunan Berwawasan Kependudukan Kabupaeten Agam 2016, di aula kantor bupati setempat, Selasa (20/12/2016).

"Pembangunan itu salah satu inputnya adalah penduduk. Pembangunan bisa baik kalau input penduduknya juga baik. Oleh sebab itu, agar kita bisa memastikan bahwa penduduk yang dimiliki oleh Kabupaten Agam adalah penduduk yang baik atau berkualitas, maka segala aspek yang menyangkut tentang penduduk itu harus dipikirkan. Hal itu dapat menyangkut pendidikannya, kesehatannya, kesejahteraan sosialnya dan sebagainya," ujar mantan kepala Bappeda itu mewakili bupati.

Dikatakan, keberhasilan pembangunan disegala bidang ini, sangat ditentukan dan merupakan konsekuensi dari pembangunan kependudukan, yang dibarengi melalui proses edukasi dan sinergisitas dari seluruh lini. Sehingga, pembangunan berwawasan kependudukan bisa dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Baca juga: Pasukan Piliang Penuhi GOR Lubuk Basung untuk Berhalal Bilhalal, Ini Harapan Sekda Agam

Sekretaris Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Agam, Nazrida, dalam laporannya menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan tersebut adalah sesuai dengan UU No 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga dengan misi "Pembangunan yang berwawasan kependudukan dan mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera."

Dijelaskan Nazrida, parameter pembangunan berwawasan kependudukan adalah pengendalian kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk, penataan persebaran dan mobilitas penduduk dan pembangunan keluarga berencana.

"Seluruh anggota koalisi kependudukan kiranya dapat mengikuti acara sosialisasi hingga selesai agar perumusan grand design pembangunan kependudukan dapat kita wujudkan di Kabupaten Agam," terangnya.

Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, yaitu Kabid Pengendalian Penduduk di Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar, Kalida dan dari BP2KB Agam. (rls/vri)

Baca juga: Komisi I DPRD Sumbar Temui Bupati Agam, Perdalam Informasi Pembentukan DOB Agam Tuo

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: