Normalisasi Batang Manguih Malalak Selesai Dikerjakan

Rabu, 21 Desember 2016, 08:47 WIB | Wisata | Kab. Agam
Normalisasi Batang Manguih Malalak Selesai Dikerjakan
Ekskavator tengah memindahkan penghambat aliran air di Batang Manguih, di Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak. Dengan lancarnya aliran air Batang Munguih ini, diharapkan bisa meminimalisir dampak bencana. (humas)

VALORAnes - Pekerjaan normalisasi hulu sungai Batang Manguih, di Nagari Malalak Timur, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, telah selesai dikerjakan Senin (19/12/2016).

Camat Malalak, Harmezi mengatakan, sejak terjadinya longsor di kecamatan itu, material longsor menimbun badan sungai. Material longsor yang juga terdiri dari pohon dalam jumlah cukup banyak, menyebabkan aliran Batang Manguih terhalang, akhirnya membentuk bendungan mirip telaga.

Menurut Harmezi, jika itu tidak diatasi, lama kelamaan telaga itu akan membesar. Bila musim hujan berlanjut, bendungan buatan longsor tersebut tidak mampu lagi menahan genangan air dan akan jebol.

"Itulah yang sangat ditakutkan warga. Bila itu terjadi, Malalak akan hancur dilanda galodo. Bahkan kantor camat pun akan terkena dampaknya," kata Harmezi.

Baca juga: Komisi I DPRD Sumbar Temui Bupati Agam, Perdalam Informasi Pembentukan DOB Agam Tuo

Atas bantuan tim Gabungan Pemkab Agam, beranggota personil BPBD Agam, TNI, Polri, Satpol PP Agam, dan tokoh masyarakat, pekerjaan berat itu berhasil dituntaskan.

"Aliran air sudah kembali seperti semula. Semua material penghambat lajunya aliran air, sudah disingkirkan. Kini warga benar-benar lega, mereka sudah bisa tidur nyenyak bila hujan lebat turun lagi," terang Harmezi. (rls/ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: