Baru Empat dari 23 Puskesmas di Agam Terakreditasi

Jumat, 28 Oktober 2016, 09:36 WIB | Wisata | Kab. Agam
Baru Empat dari 23 Puskesmas di Agam Terakreditasi
Kepala Puskesmas Lubukbasung, Nurmalis disaksikan Bupati Indra Catri dan Plt Kadis Kesehatan, Hurul Anini, menyerahkan Pakta Integritas kepada Ketua Tim penilai Liliona Mariana, beberapa waktu lalu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dinas Kesehatan Agam menargetkan pada 2018 nanti, semua Puskesmas di wilayah itu terakreditasi, sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat bisa lebih maksimal lagi.

Kepala Dinas Kesehatan Agam, Indra, Kamis (27/10/2016) mengatakan, hingga 2016 dari 23 Puskesmas yang tersebar di 16 kecamatan, sudah terakreditasi sebanyak 4 unit.

"Tahun 2017, kita mengajukan sebanyak 10 Puskesmas lagi. Insya allah, secara bertahap hingga 2018 semua Puskesmas di Agam sudah akreditasi," tegasnya.

Dijelaskan, akreditasi Puskesmas itu sesuai amanah Peraturan Menteri Kesehatan No 75 Tahun 2014 yang menyebutkan bahwa setiap Puskesmas wajib diakreditasi secara berkala, paling sedikit tiga tahun sekali.

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

Akreditasi itu sendiri, menurutnya merupakan salah satu persyaratan kredisial sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bekerjasama dengan BPJS, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan No 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional.

Menurut Indra, tujuan utama akreditasi Puskesmas itu, untuk pembinaan peningkatan mutu, melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko.

"Jadi bukan sekadar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi semata, melainkan subtansinya adalah pengakuan dan keberadaan dari instansi itu sendiri," katanya.

Indra menambahkan, saat ini, pihaknya terus melakukan pembinaan kepada para Kepala Puskesmas yang belum terakreditasi, agar pelayanan di puskesmas yang dipimpinnya terus ditingkatkan.

Baca juga: Bapenda Agam Pasang Tapping Box di Lokasi Wajib Pajak

"Semoga dengan adanya akreditasi ini akan membuat kelas Puskesmas sendiri menjadi naik pamor. Bukan karena peralatannya saja, melainkan juga pelayanan kepada masyarakat dan orientasi terhadap kepuasan masyarakat, sehingga puskesmas bisa menjadi sahabat bagi masyarakat itu sendiri," terangnya. (rls/ham)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: