Tiga Masjid Dikunjungi Tim Penilaian Taharah Masjid Agam

Selasa, 14 Juni 2016, 14:42 WIB | Wisata | Kab. Agam
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews----Tim penilaian thaharah masjid Kabupaten Agam melakukan kunjungan ke tiga masjid yang ada di daerah itu, Senin (13/6/2016). Penilaian ini merupakan penilaian hari pertama pada 2016.

Kabid Pengendalian Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Hendri Rusdian mengatakan, penilaian thaharah masjid ini mulai pada Senin di Masjid H Abdul Manan Pakan Sinayan Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, kemudian dilanjutkan ke Masjid Nurrahmi Induring Kapau dan Masjid Nurul Iman Pandam Gadang Kecamatan Tilatang Makang.

Hendri mengakui, Masjid H Abdul Manan merupakan masjid pertama dikunjungi dalam thaharah masjid pada 2016. Saat melakukan Shalat Dzuhur berjamaah di masjid itu, ia terkesima dengan kebersihannya dan dilihat juga tersedianya air bersih yang cukup.

Selain Masjid H Abdul Manan, tim penilai yang melibatkan pihak Dinas Kesehatan, BPMPN, Kemenag, Kesra dan Humas ini, juga melakukan kunjungan ke Masjid Nurrahmi Induring Kapau dan Masjid Nurul Iman Pandam Gadang Kecamatan Tilatang Makang.

Baca juga: Kebersihan 23 Masjid di Agam Dinilai

Berdasarkan pantauan dilapangan, ketiga masjid ini telah memiliki indikator penilaian thaharah masjid, namun juga perlu dikaji lebih mendalam lagi dalam penilaian ini. Indikator dalam penilaian thaharah masjid ini, yaitu tersedianya sumber air bersih, memiliki WC dan tempat berwudu yang bersih, memiliki irigasi untuk pembuangan air, kebersihan masjid itu sendiri dan adanya stiker himbauan yang mengenai taharah masjid.

Ketua Umum Masjid Abdul Manan Khairul Huda mendukung Pemkab Agam melakukan thaharah masjid ini. Dengan melakukan thaharah, maka terciptanya rumah ibadah yang bersih dan menimbulkan kenyamanan pada jama'ahnya.

"Di masjid Abdul Manan ini kegiatan yang aktif dilaksanakan yaitu shalat jama'ah lima waktu setiap hari, kuliah subuh, tiap malam jama'ah melaksankan tafsir Qur'an, adanya taman seni Al Qur'an setiap hari minggu dan shalat tarawaih pada bulan Ramadhan," jelasnya. (rel)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: